androidvodic.com

Kinerja Sebagai Menhan Positif, Peneliti Nilai Prabowo Dulang Simpati Milenial - News

News, JAKARTA - Peneliti Senior Ipsos Indonesia, Arif Nurul Imam mengatakan kinerja mentereng Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju membuatnya menjadi Calon Presiden (Capres) pilihan milenial

Arif melanjutkan, milenial dan pemilih muda menilai sosok Menteri Pertahanan tersebut berdasarkan kerja nyatanya yang diberikan kepada bangsa dan negara. Terutama yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara. 

“Apa yang menyebabkan Prabowo bisa mendulang simpati milenial, boleh jadi karena melihat sosok dan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan),” kata Arif dikutip Minggu (16/7/2023).

Selain sebagai menteri dengan kinerja terbaik, sambung Arif, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu juga kerap kali diidentikkan sebagai pribadi yang tegas. 

Ketegasan itu lah yang menyebabkan para milenial dan gen Z tertarik untuk mendukung Prabowo pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. 

“Selain itu, sosok Prabowo kerap diidentikkan dengan pribadi tegas. Boleh jadi itu yang menyebabkan milenial dan gen Z tertarik pada Prabowo,” ujar Arif. 

Kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan di pemerintahan Presiden Jokowi – Ma’ruf Amin memang menunjukkan hasil positif. Selain menunjukkan hasil positif, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas. 

Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo berhasil membuat gebrakan dengan menyekolahkan para taruna muda TNI ke Amerika Serikat.

Selain itu, beberapa alutsista yang didatangkan Prabowo memperkuat lini pertahanan Indonesia. 

Beberapa gebrakan yang dilakukan Prabowo itu ternyata berdampak besar pada tingkat pemilih muda dan gen Z yang akan memilihnya pada Pilpres 2024 nanti. 

Hal itu terekam dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023 dengan total responden sebanyak 1242 orang.

Baca juga: Prabowo Berpesan Kepada Kader dan Simpatisan Gerindra untuk Balas Fitnah dan Hinaan dengan Kebaikan

Pada simulasi tiga nama Capres yang akan berlaga pada Pilpres 2024, Prabowo berhasil unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam klaster pemilih muda dan milenial

Pada klaster usia kurang dari 21 tahun, Prabowo sukses memperoleh suara sebesar 46,5 persen. Unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang mengumpulkan masing-masing dukungan sebanyak 35,7 dan 14,1 persen. 

Sementara itu, pada usia pemilih muda, Prabowo berhasil menduduki peringkat pertama. Pada kelompok usia 22-25 tahun, Prabowo mengumpulkan dukungan sebesar 39,1 persen. 

Kemudian, pada kelompok usia 26-40 tahun, Prabowo juga terbukti meraih dukungan sebanyak 39,5 persen. 

Hasil berbeda didapatkan oleh Capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo yang hanya meraih dukungan sebesar 24,7 persen dari kelompok pemilih dengan usia 22-25 tahun dan 32,3 persen dari kelompok usia 26-40 tahun. 

Sementara itu, capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan hanya mampu mengumpulkan perolehan suara sebanyak 28,2 persen pada pemilih dengan kelompok usia 22-25 tahun dan 21,7 persen dari klaster usia 26-40 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat