androidvodic.com

Jokowi Temui Surya Paloh usai Reshuffle, Pengamat: Bukti Komunikasi Berjalan Meski Beda Pandangan - News

News - Setelah melakukan reshuffle kabinet pada Senin (17/7/2023) pagi di Istana Negara, Presiden Jokowi diketahui mengundang Ketum Partai NasDem Surya Paloh ke Istana pada sore harinya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi ini merupakan suatu hal yang menarik.

Karena Jokowi ingin menunjukkan kepada publik bahwa sekeras apapun persaingan dan perbedaan politik antara Jokowi dan NasDem, silaturahmi di antara mereka masih berjalan.

"Yang menarik adalah ketika sorenya Pak Surya Paloh dan Pak Jokowi bertemu."

"Ini menunjukkan sekeras apapun persaingan politik, sekeras apapun perbedaan politik di antara keduanya."

"Terkait politik dengan preferensi di 2024 tidak menutup kemungkinan bahwa komunikasi, silaturahmi antara keduanya terus berjalan," kata Adi dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Presiden Jokowi Bertemu Surya Paloh: Tanya Cawapres Anies Baswedan hingga Puji Apel Siaga NasDem

Adi pun merasa pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi itu merupakan hal yang baik dilakukan.

Agar publik tidak lagi mengungkit hubungan Surya Paloh dan Jokowi yang renggang dan panas.

Selain itu, komunikasi yang terus terjalin antara NasDem dan Jokowi bisa mencegah implikasi pada tidak profesionalnya Jokowi sebagai presiden dalam memperlakukan menterinya, termasuk menteri dari NasDem.

"Saya kira bagus ini supaya publik tidak mengaitkan bahwa hubungan Surya Paloh dan Jokowi terus mendidih yang akan berimplikasi pada tidak profesionalnya presiden."

"Misalnya dalam memperlakukan menteri-menteri dari NasDem. Jadi buat saya ini menjadi penting."

"Jadi tontonan bahwa sekalipun NasDem dalam tanda kutip sudah keliatan menjadi oposisi dari dalam, tapi tidak diperlakukan oposisi yang sesungguhnya. Buktinya dua menterinya masih aman," terang Adi.

Baca juga: Surya Paloh Beberkan Isi Pertemuan dengan Jokowi: Puji Apel Siaga, Tukar Informasi usai Reshuffle 

Pertemuan Surya Paloh dan Jokowi di Istana Digelar Tertutup

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin petang (17/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat