androidvodic.com

Dukungan PBB ke Prabowo Kuatkan Basis Pemilih Muslim di Pilpres 2024 - News

News, JAKARTA - Dukungan Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap Calon Presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto dianggap saling menguntungkan.

Baik Prabowo ataupun PBB sama-sama diuntungkan dalam deklarasi yang dilakukan minggu kemarin.

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan dukungan PBB dapat menambah akseptabilitas Prabowo dikalangan pemilih muslim. Hal itu dikarenakan PBB diisi oleh kader yang mayoritas beragama Islam.

"Pertama, menambah akseptabilitas Prabowo di segmen pemilih muslim," kata Igor, Minggu (6/8/2023).

Lanjut Igor, selain bertambahnya dukungan muslim pendukung Prabowo yang sempat merapat ke Anies Baswedan juga kemungkinan akan kembali.

Karena PBB yang diperkuat oleh amunisi muslim Indonesia dianggap sangat berpengaruh mengembalikan pendukung Prabowo.

"Dan mengembalikan lagi pemilih Prabowo 2019 yang kabur ke Anies. Ini artinya akan ada peningkatan elektabilitas Prabowo jelang Pemilu 2024," tambah Igor.

Tak hanya kepada Prabowo keuntungan tersebur hinggap. PBB juga secara tidak langsung mendapat keuntungan yang sama.

Partai yang diketuai oleh Yusril Ihza Mahendra itu berpotensi akan lolos ke Senayan dengan didukung oleh basis pemilih Prabowo.

Tingginya elektabilitas Prabowo sebagai capres sangat berpengaruh menjadikan PBB sebagai partai politik yang memenangkan Pilpres.

Baca juga: PBB Klaim Partai Buruh Bakal Merapat Dukung Prabowo Subianto

"Kedua, PBB potensial lolos ambang batas parlemen pada Pileg 2024 karena ikut mengusung Prabowo. Akan ada efek ekor jas terhadap PBB karena tingginya elektabilitas Prabowo saat ini," pungkas Igor. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat