androidvodic.com

Peta Elektabilitas Capres 2024 Terbaru Versi LSI, Duet Prabowo-Erick Unggul Dari Ganjar-Sandiaga - News

News, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru soal elektabilitas calon presiden atau Capres 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Diketahui saat ini sudah ada 3 poros koalisi dengan nama bakal Capres masing-masing, Prabowo Subianto dari poros koalisi Indonesia Maju, Ganjar Pranowo dari poros PDIP dan PPP, serta Anies Baswedan dari poros Koalisi Perubahan.

Lalu bagaimana elektabilitas ketiganya menjelang pendaftaran capres-cawapres yang akan dimulai November 2023 ini?

Menurut survei terbaru LSI yang dirilis Rabu (30/8/2023), jika pemilihan dilakukan sekarang, elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari PDIP, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Responden yang milih Prabowo sebanyak 24,2 persen, disusul Ganjar 22,6 persen, dan Anies 16,4 persen, sementera nama-nama lainnya jauh lebih rendah dibanding ketiga nama tersebut dan 30,7 persen responden lainnya belum memberikan jawaban.

Baca juga: Survei LSI: Elektabilitas Ganjar-Erick Peringkat Teratas, Disusul Anies-AHY dan Prabowo-Cak Imin

Kemudian bila Prabowo Subianto head to head dengan Ganjar Pranowo, Ketua umum Partai Gerindra unggul dari Ganjar Pranowo.

“Pada periode survei Agustus ini, Prabowo unggul dengan persentase 47,3 persen sedangkan Ganjar 42,2%,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam tayangan YouTube LSI.

Selanjutnya, Prabowo Subianto dalam simulasi dua pasangan calon presiden (capres) melawan Ganjar Pranowo, unggul ketika disandingkan dengan Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir.

Prabowo-Khofifah memperoleh 46,1% alias unggul 3% jika dihadapkan dengan Ganjar-Erick yang mendapatkan angka 43,1%.

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Partai Koalisi Pro Prabowo Menang Telak Atas Ganjar Capai 39 Persen

"Artinya, Khofifah cukup kuat untuk berhadapan dengan Ganjar Pranowo-Erick Thohir," kata Djayadi.

Kemudian, Prabowo pun tetap unggul jika disandingkan dengan nama lainnya.

Dalam simulasi dua nama berikutnya, Prabowo-Erick memimpin 47,1% dengan selisih 5% dari Ganjar-Sandiaga Uno yang mendapatkan 41,3%.

Survei diketahui dilakukan pada 3-9 Agustus 2023 dengan menggunakan teknik multistage random sampling dan cakupan survei merupakan warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih.

LSI mewawancarai sekitar 1220 responden dengan tingkat margin of error 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat