androidvodic.com

Alasan Demokrat Turunkan Baliho Anies-AHY, Merasa Dikhianati usai Sebut NasDem Pilih Cak Imin - News

News - Pencopotan baliho bergambar bakal calon presiden (bacapres), Anies Baswedan, yang bersanding dengan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dilakukan kader Demokrat di sejumlah tempat, Kamis (31/8/2023), termasuk Kota Bekasi, Jawa Barat.

Aksi pencopotan ini dilatarbelakangi rasa kekecewaan Demokrat kepada NasDem.

Demokrat kecewa dengan keputusan sepihak NasDem yang memutuskan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kota Bekasi, Ronny Hermawan, mengatakan pencopotan ini dilakukan di seluruh Kota Bekasi.

Baca juga: Ramai Wacana Duet Anies-Cak Imin, PDIP Singgung Model Kerja Sama Politik Dagang Sapi

"Pencopotannya di seluruh daerah Kota Bekasi di 12 kecamatan 56 kelurahan agar dibersihkan semuanya."

"Sudah tadi sekitar (Kamis) sore beberapa jam lalu saya sudah perintahkan kepada seluruh pengurus Demokrat Kota Bekasi kepada seluruh caleg pengurus kecamatan kelurahan agar mencopot foto-foto Anies Baswedan yang melekat pada Demokrat, ini instruksi saya jelas dan sudah mulai bergerak tadi," ucap Ronny, Kamis.

Baliho bergambar Anies Baswedan dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sudah beberapa bulan terpasang mulai Kamis, (31/8/2023) malam ditanggalkan.
Baliho bergambar Anies Baswedan dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sudah beberapa bulan terpasang mulai Kamis, (31/8/2023) malam ditanggalkan. (Yolanda Putri Dewanti/Warta Kota)

Anies-Cak Imin Diduetkan

Sebelumnya, kekecewaan Demokrat muncul lantaran Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, menduetkan pasangan Anies Baswedan dengan Cak Imin.

Padahal, Anies sudah meminta AHY secara langsung untuk menjadi pasangannya di Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dalam unggahannya di akun media sosial Instagram resmi Demokrat, @pdemokrat, Kamis.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik NasDem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dan persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem, Surya Paloh."

Baca juga: Kader Demokrat di Sejumlah Daerah Turunkan Baliho Anies-AHY karena Merasa Dikhianati

"Hari ini (kemarin) kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan dan ternyata berita tersebut adalah benar (pada akhirnya) Demokrat "dipaksa" menerima keputusan itu," ungkap Teuku Riefky.

Menyikapi hal itu, Demokrat akan melakukan Tapat Majelis Tinggi untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Baca juga: Kader Demokrat di Sejumlah Daerah Turunkan Baliho Anies-AHY karena Merasa Dikhianati

Berikut kronologi Anies Baswedan meminta AHY menjadi cawapresnya:

1. Meskipun Anies Baswedan telah diusung Nadem sejak 3 Oktober 2022, tetapi hingga 22 Januari 2023 baik Anies maupun NasDem belum berhasil membentuk sebuah koalisi Parpol yang memenuhi syarat Presidential Threshold 20 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat