androidvodic.com

Siasat Cak Imin: Bangun Koalisi dengan Prabowo, Kini Malah Jadi Cawapres Anies - News

News - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menerima pinangan dari Partai NasDem, Jumat (1/9/2023).

Tak lain untuk menduetkan bakal calon presiden (capres), Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

"Kami menerima dengan baik tawaran Partai NasDem untuk memasangkan duet pasangan calon presiden dan cawapres, Anies Baswedan bersama Gus Muhaimin Iskandar," kata Sekjen PKB, Hasanudin Wahid.

Deklarasi pasangan Anies Baswedan-Cak Imin akan segera dilakukan di Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (2/9/2023) hari ini.

Baca juga: Imbas Duet Anies-Cak Imin, Demokrat Keluar dari Koalisi Perubahan, Gerindra Sebut KKIR Bubar

Bahkan singkatan nama untuk duet Anies Baswedan dan Cak Imin pun telah diketahui, yaitu 'Amin' yang berarti Anies-Muhaimin.

"Kami berharap Anies-Cak Imin yang disingkat AMIN ini adalah pasangan yang bisa menang di Pilpres 2024," katanya, dikutip dari TribunJatim.com.

Bangun Koalisi dengan Prabowo

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai melakukan pendaftaran sebagai calon peserta partai pemilihan umum (pemilu) 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (8/8/2022).
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) usai melakukan pendaftaran sebagai calon peserta partai pemilihan umum (pemilu) 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Senin (8/8/2022). (News/Mario Christian Sumampow)

Sebelum menerima pinangan jadi cawapres Anies, Cak Imin dekat dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Bahkan kedua ketua umum parpol ini sepakat untuk membangun koalisi baru yang disebut Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Koalisi ini diklaim PKB setelah Prabowo Subianto dan Cak Imin saling bertemu pada 18 Juni 2022.

Mereka bertemu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pertemuan yang berlangsung lebih kurang dua jam itu menghasilkan kesepakatan antara Gerindra dan PKB untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Alhamdulillah kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan," kata Prabowo.

Setelah Prabowo menyatakan hal tersebut, Cak Imin mengatakan, antara PKB-Gerindra dapat menyatu dalam dua tagline partai yang berbeda yaitu Kebangkitan dan Indonesia Raya.

Sejak saat itu, Prabowo dan Cak Imin acapkali bertemu. Termasuk pada 28 April 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat