androidvodic.com

Pendaftaran Pilpres Bakal Dipercepat, Fahri Hamzah: Kurangi Konflik Perasaan dan Emosi - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah, mendukung wacana percepatan pendaftaran Pilpres 2024.

Menurut Fahri, percepatan tersebut dapat mengurangi konflik yang terjadi jelang Pemilu 2024.

"Supaya kita mengurangi konflik konflik-konflik perasaan dan emosi yang menurut saya tidak penting karena itu lebih baik dipercepat," ujar Fahri di Rumah Besar Pemenangan Prabowo, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Selain itu, Fahri juga menilai sebaiknya partai-partai yang menterinya tergabung dalam Pemerintahan untuk mengusung satu calon saja yakni, Prabowo Subianto.

Setelah Pemilu 2024, kata Fahri, baru dirancang sistem pemilu yang lebih baik.

"Menurut saya ini juga waktu buat elit Indonesia karena ada treshold, kita putuskan saja terutama di seluruh kabinet pak Jokowi. Seluruh partai yang ada di kabinet pak jokowi mengusung satu calon saja yaitu pak Prabowo untuk menjadi capres di 2024, sambil kemudian setelah 2024 kita mendesain sistem pemilu yang lebih baik saya kira itu proposalnya," ucap Fahri.

Dirinya menilai Prabowo memiliki proposal untuk merancang sistem pemilu yang lebih baik.

Salah satu contohnya, menurut Fahri, adalah peniadaan ambang batas pencalonan calon presiden.

"Saya kira pak Prabowo termasuk yang punya proposal untuk mendesain sistem pemilu yang lebih baik, dengan treshold yang ditiadakan, mungkin perwakilan partai untuk menjadi capres lebih genuine, enggak seperti sekarang," pungkas Fahri.

Sebelumnya, Menteri Koordinasi bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan pendaftaran Pilpres 2024 direncanakan akan dipercepat.

Mahfud menyebutkan pendaftaran yang mulanya dijadwalkan 19 Oktober akan dipercepat menjadi 10 Oktober 2023.

"Semula dijadwalkan nanti pendaftaran (Pilpres 2024) dibuka tanggal 19 Oktober sampai 24 November. Sekarang rencanakan dipercepat pendaftaran 10 Oktober ditutup tanggal 16 Oktober," kata Mahfud dalam pidatonya di Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat