androidvodic.com

Prestasi Kepemimpinan Ganjar di Jawa Tengah Dibuktikan Lewat Penguatan Pelayanan Publik - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Pakar Komunikasi dan Administrasi Publik, Agung Firman Sampurna mengatakan capaian Ganjar Pranowo terbukti dalam memperkuat pelayanan publik saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

Hal itu dikatakan saat Firman membedah buku berjudul "Hitam Putih Ganjar, Jejak Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah." yang diterbitkan Penerbit Buku Kompas.

Dirinya sendiri membedah buku itu lewat pendekatan kata kunci tertentu.

"Hasilnya, terdapat 301 kali kata "masyarakat" yang dikutip dalam buki tersebut. Ada juga 106 kali kata "pelayanan" dan 53 kali kata "pelayanan publik" yang dikutip dalam buku dengan jumlah isi halaman 376 dan 15 bab," kata Agung di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

"Dengan cermati isi buku tersebut bahwa peningkatan pelayanan publik, itu menjadi insight pertama dari buku ini," kata Firman lagi.

Soal pelayanan publik, menurutnya, hal itu selaras dengan tujuan utama pembentukan pemda, yakni sebagai instrumen pelayanan publik.

Agung menilai, penguatan pelayanan publik Ganjar, dilihat dari kinerjanya membangun Mall Pelayanan Publik (MPP).

"Data per Februari 2023, Jateng miliki 28 MPP, ini merupakan jumlah terbanyak dibanding daerah lainnya. Total MPP Indonesia per Februari 2023, itu 110. 65 di Pulau Jawa, 15 Sumatera, 13 Kalimantan, 13 Sulawesi dan 3 Bali dan 1 NTT," kata Firman.

Dikatakan Agung, upaya penguatan peningkatan publik ini dilakukan dengan dukungan peningkatan kapasitas kelembagaan. 

Hal itu terlibat dari sejumlah data survei terkait pelayanan publik.

"Pertama terkait Indeks Reformasi Birokrasi Pemprov Jateng per 2022 sekitar 80 persen. Seiring dengan itu intergitas Pemprov Jateng juga terbilang tinggi," kata dia.

Dari data yang dimiliki Pemprov Jateng per 2022, Survei Penilaian Integritas Pemprov Jateng sebesar 78,17%.

Baca juga: Perhatian Khusus Ganjar kepada Kesehatan Mental, Didorong Jadi Prioritas di Tingkat Nasional

Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terbilanh tinggi. Dari data Pemprov Jateng per 2022, Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 83,50%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat