androidvodic.com

Gerindra Tegaskan Demokrat dapat Porsi yang Sama di KIM, Termasuk Soal Penentuan Cawapres - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Budisatrio Djiwandono menegaskan kalau dengan bergabungnya Demokrat, maka tidak akan mempengaruhi porsi atau hak partai tersebut di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Kata Budi, setiap partai nantinya di dalam KIM akan menghormati posisi partainya masing-masing.

Termasuk Demokrat, yang merupakan pendatang baru di koalisi pendukung Prabowo Subianto maju sebagai capres itu.

"Saya rasa kita menghargai semua parpol, kami menghargai haknya masing-masing menyampaikan aspirasi harapannya ini adalah harapan rakyat ke depan," kata Budi kepada awak media usai pertemuan di Kediaman Prabowo, di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Budi menyebut, kondisi itu juga termasuk soal penentuan cawapres atau pengajuan sosok cawapres.

Hanya saja, saat disinggung apakah Demokrat membawa nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres, Budi tidak membeberkan secara detail.

Baca juga: Instruksi Ketua Harian Gerindra Usai Demokrat Gabung KIM: Jaga Suhu Politik Tetap Damai 

Kata dia, perihal keputusannya nanti akan ditentukan oleh seluruh ketua umum parpol melalui musyawarah mufakat.

"Pada saatnya nanti akan dirembuk dan diputuskan bersama secara tradisi kita yaitu musyawarah untuk mufakat dan insya Allah pada waktunya nanti akan diumumkan bersama," tukas dia.

Sebelumnya, Partai Demokrat yang dipimpin oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Kedatangan SBY dan AHY itu turut juga dibarengi oleh para ketua umum parpol di Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto maju sebagai capres.

Pertemuan itu digadang, menjadi sinyal dukungan Demokrat atas majunya Prabowo.

Hanya saja, saat disinggung terkait sudah atau belum resminya dukungan Demokrat itu, Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono mengatakan, saat ini tinggal menunggu pernyataan dari Demokrat.

"Tentu kita berharap ada saatnya nanti partai Demokrat akan mengumumkan atau mendeklarasikan secara resmi tapi tadi ya kita sangat intens, sangat terbuka, pembahasannya, bercanda tapi serius," kata Budi saat ditemui usai pertemuan di Hambalang, Minggu (17/9/2023).

Baca juga: Diundang Prabowo, Grace Natalie, Raja Juli Antoni hingga Isyana Bagoes Oka Hadir ke Hambalang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat