androidvodic.com

Kubu Rizieq Dinilai Berpeluang Besar Dukung Anies-Muhaimin, Pengamat: Kecewa Ditinggal Prabowo - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shibab dan pengikutnya dinilai berpeluang besar mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024 mendatang.

Fakta itu menguat setelah Anies dan Cak Imin diundang menjadi saksi pernikahan anak Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta pada Rabu (27/9/2023) malam.

Baca juga: Aziz Yanuar Ungkap Kenapa Hanya Anies dan Cak Imin yang Diundang ke Pernikahan Putri Rizieq Shihab

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menyampaikan bahwasanya ada kecenderungan pergerakan Rizieq dan pengikutnya akan mendukung pasangan Anies dan Cak Imin.

"Ada kecenderungan memang Rizieq dan para pengikutnya itu untuk 2024 itu memang lebih dekat ke Anies Baswedan ketimbang Prabowo," kata Adi saat dikonfirmasi, Kamis (28/9/2023).

Baca juga: Pengamat Sebut Manuver Cak Imin Jadi Saksi Nikah Anak Rizieq Shihab untuk Kepentingan 2024

Dijelaskan Adi, sejatinya baik Prabowo maupun Anies memang memiliki kedekatan dengan kubu Rizieq. Yakni, Prabowo pernah dibantu oleh kubu Rizieq pada pemilihan presiden 2019 yang lalu.

Sementara itu, Anies pernah dibantu oleh kubu Rizieq saat memenangkan pemilihan gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu. Namun, kata Adi, kali ini kubu Rizeq dinilai bakal mendukung Anies.

"Rasanya elite-elite mantan FPI itu agak sedikit kecewa bahkan kecewa dengan Prabowo karena memilih bergabung dengan Jokowi," jelasnya.

"Sejumlah elite FPI atau eks FPI kan mengatakan bahwa mereka sudah tidak lagi menjadi bagian dari Prabowo setelah Prabowo bergabung dengan Jokowi," sambungnya.

Oleh sebab itu, Adi menuturkan peluang pasangan Anies dan Cak Imin mendapatkan dukungan dari kubu Rizieq paling besar.

"Jadi tak mengherankan kalau kemudian untuk 2024, FPI atau eks FPI termasuk Rizieq Shihab sangat mungkin bisa mendukung Anies Baswedan," katanya.

Baca juga: Habib Rizieq Dinilai Kasih Sinyal Dukungan kepada Anies dan Cak Imin, Inikah Isyaratnya?

Diberitakan sebelumnya, bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu Muhammad Rizieq Shihab pada Rabu (27/9/2023) malam.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid membenarkan pertemuan itu.

Jazilul mengatakan pertemuan itu terjadi saat Anies dan Cak Imin menghadiri akad nikah putri dari mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu di Petamburan, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat