androidvodic.com

SAS Institute Sebut Ada Calon Lain Minta KH Said Aqil Jadi Cawapres, Bukan Sekadar Ketua Tim Sukses - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Nama Kiai Said Aqil Siroj kembali ditarik-tarik dalam perhelatan kontestasi Pilpres 2024.

Sebagai satu kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU), posisi dan peran Said Aqil dinilai menentukan dalam suksesnya proses Pilpres 2024 ke depan.

PKB berharap Said Aqil bisa bergabung dan menjadi ketua Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Cak Imin yang diusung Koalisi Perubahan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Eksekutif Said Aqil Siroj Institute, Abi Rekso mengapresiasi harapan tersebut.

Namun, ia menyatakan di sisi lain ada juga tawaran yang datang dari salah satu bakal calon presiden menjadikan Said Aqil sebagai cawapres, lebih tinggi dari sekadar ketua tim sukses.

Baca juga: LPOI: KH Said Aqil Itu Pemimpin Bangsa, Bukan Kelas Kapten Pemenangan Capres

"Wallahualam Bissawab, sebagai sebuah harapan tentu itu bagus. Saya bertemu Buya Said minggu tidak mendengar hal-hal tersebut. Malah saya juga mendengar Buya Said diusulkan sebagai Calon Wakil Presiden di paslon lain. Lebih tinggi dari sekadar Ketua Tim Sukses. Tapi tidak perlu saya sebut paslon yang mana, karena SAS Institute diamanahi untuk tetap menjaga Pemilu 2024 yang jujur dan damai," kata Abi Rekso, Kamis (28/9/2023).

Abi Rekso secara pribadi juga menilai posisi dan hubungan Said Aqil sangat baik kepada semua pasangan calon yang akan bertanding.

Baca juga: Cak Imin Bicara Kemungkinan Mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Kapten Timnas Koalisi AMIN

Baik itu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Megawati atau Ganjar Pranowo.

"Buya Said bagus di semua paslon. Beliau ini paku bumi NKRI, kelak siapa pun yang akan menjadi Presiden dan partai berkuasa, akan membutuhkan peran, pemikiran dan dedikasi Buya Said sebagai Guru Bangsa dan Pondasi Negara," katanya.

Terkait dengan usulan dan harapan PKB terhadap Said Aqil, Abi Rekso justru mengusulkan paslon AMIN memilih Habib Rizieq Shihab sebagai ketua tim sukses mereka.

"Saya rasa Habib Rizieq Shihab juga bagus jika menjadi Kapten Timnas AMIN, beliau enerjik, kekuatan 212 bisa membantu suksesi pemenangan Pilpres 2024. Sejalan dengan spirit politik AMIN," katanya.

Sebelumnya Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Syamsurijal menyatakan, pihaknya berharap agar mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj bisa bergabung dan menjadi ketua Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Cak Imin (Koalisi Perubahan).

Cucun menyebutkan bahwa nama Said Aqil masuk sebagai kandidat ketua tim sukses, sebagaimana beredar di media berita nama Said Aqil juga dibandingkan dengan Susi Pudjiastuti.

“Ya kami sangat berharap juga semua itu (antara Kiai Said atau Susi Pudjiastuti),” tegas Cucun.

Hal tersebut juga diperkuat oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar bahwa semua nama-nama sedang digodok dan akan diputuskan segera dalam akhir bulan ini.

“Belum ada keputusan, kita ajak semua komunikasi. Kita juga akan tanya kesediaannya," kata Cak Imin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat