androidvodic.com

Isu Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo, Politikus PDIP: Kami Enggak Mau Berandai-andai - News

News, JAKARTA - Politikus PDIP Masinton Pasaribu merespons isu Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Masinton mengaku tak mau berandai-andai terkait hal tersebut.

"Kita enggak mau berandai-andailah, kan undang-undangnya belum memperbolehkan," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Ada pun kini Mahkamah Konstitusi (MK) sedang menangani perkara terkait batas usia minimal cawapres.

Masinton menilai lebih baik MK untuk fokus pada hal-hal yang lebih konstitusional.

"Kita tunggu saja putusan MK nanti, baru kita bisa biara lain. Tapi lebih baik memang MK fokus pada hal-hal yang prinsip tentang konstitusionalitas kita," tandas anggota Komisi XI DPR RI itu.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani tak melarang bila Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka nantinya akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menurut Puan, Gibran merupakan anak muda yang berprestasi dan tentunya layak untuk dipertimbangkan.

"Ya boleh, anak muda sudah menunjukkan prestasinya di Solo dan salah satu kandidat yang mungkin memang bisa dipertimbangkan," kata Puan pada sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dalam video yang diunggah akun X @PDI_Perjuangan, Senin (21/8/2023). Gibran mengajak masyarakat datang ke TPS dan memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka  (X @PDI_Perjuangan via YouTube Kompas TV)

Ketua DPR RI ini menjelaskan semua memiliki kesempatan yang sama untuk berkontestasi di Pilpres 2024 baik laku maupun perempuan.

"Jadi jangan melihat muda tua atau kemudian laki atau perempuan. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk bisa maju dan berjuang di kontestasi," ujar Puan.

Hanya saja, Puan menuturkan keputusan untuk menjadi cawapres Prabowo tergantung Gibran sendiri.

"Ya kan yang meminang kan punya pertimbangan tertentu. Tinggal yang dipinang (Gibran) mau atau enggak, itu aja. Kan baru berandai-andai ini," ucapnya.

Baca juga: Muncul Lagi Baliho Bergambar Dirinya dengan Prabowo, Begini Tanggapan Gibran

Adapun nama Gibran digadang-gadang akan mendampingi Prabowo sebagai cawapres di 2024.

Wacana Gibran menjadi cawapres Prabowo muncul di tengah gugatan batasan usia capres dan cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK).

Meski demikian, saat ini putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masih berstatus sebagai kader PDIP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat