androidvodic.com

Jawaban Jokowi hingga Ganjar soal Kritik Anies Terkait Proyek Strategis Nasional Titipan - News

News - Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan menyatakan bahwa Proyek Strategis Nasional (PSN) berpotensi disusupi titipan kanan-kiri.

Lantaran, menurut Anies, tidak disusun dengan baik sehingga menjadi ladang titipan proyek pihak-pihak tertentu.

"Tapi kalau itu tak dilakukan dengan baik, PSN itu kemudian jadi titipan kanan kiri yang masuk tanpa kita ketahui bagaimana proses itu disusun," kata Anies dalam Rakornas pertama Partai Masyumi di Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Mengenai hal tersebut, Presiden Jokowi pun meminta kepada Anies agar menunjuk pihak yang diduga menyusupkan titipan dalam proyek itu.

"Ya ditunjuk saja, proyek yang mana, yang titip siapa," ujar Jokowi, dikutip dari YouTube Kompas TV, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Komisi III DPR Nilai Kejagung Konsisten Kawal dan Mengamankan Proyek Strategis Nasional

Sebagai informasi, hingga saat ini, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan, total ada 156 PSN yang sudah selesai selama delapan tahun berjalan dengan nilai lebih dari Rp 1.000 triliun di seluruh Indonesia.

"Antara lain yang dikerjakan jalan tol, kereta api. Kereta api itu sudah dirasakan dan membuat lanskap Jakarta berubah itu MRT," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, diberitakan News di acara Social Space Sewindu PSN” di Jakarta, Senin (8/5/2023).

Ganjar Sebut Data Perlu Dibuka dan Dibuktikan

Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo saat berpidato di Rakernas PDIP yang digelar di JIExpo, Jakarta pada Jumat (29/9/2023) -usai acara jalan sehat bersama relawan di Surabaya
Bacapres PDIP, Ganjar Pranowo saat berpidato di Rakernas PDIP yang digelar di JIExpo, Jakarta pada Jumat (29/9/2023) - Jokowi minta Anies Baswedan tunjuk Proyek Strategis Nasional mana yang dimaksud menjadi titipan kanan-kiri. (YouTube PDIP)

Senada dengan Jokowi, Ganjar Pranowo juga meminta agar Anies membuktikan pernyataannya terkait PSN.

Ia mendorong data dibuka terkait pernyataan Anies yang menyebut PSN adalah titipan kanan kiri.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari spekulasi dan salah interpretasi.

"Buktiin aja datanya secara terbuka yang nitip siapa, pakai data. Kalau pakai data nanti tidak akan membikin orang mempunyai interpretasi saja," ungkapnya, dikutip dari YouTube Kompas TV, Senin.

Ganjar pun menduga, mengenai PSN itu tidak ada yang bisa mengungkapkan datanya.

Lantaran, jika ada, maka tidak akan menimbulkan spekulasi.

"Itu titipan kanan-kiri itu siapa, buka aja, dugaan saya tidak ada yang bisa mengungkapkan data itu, kalau ada jadi tidak menimbulkan spekulasi, buka aja nggak apa-apa," katanya.

Kejagung Dinilai Konsisten Kawal dan Amankan PSN

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat