androidvodic.com

Respons Gerindra usai Megawati Tutup Peluang Duet Prabowo-Ganjar, Tegaskan Hubungan dengan PDIP Baik - News

News - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dinilai menutup peluang duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Hal itu setelah Megawati mengaku bingung terhadap klaim Ganjar Pranowo bersedia menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Megawati pun heran terhadap klaim tersebut.

Pasalnya, Megawati sebagai Ketua Umum PDIP belum menyatakan seperti itu.

"Lha saya sendiri sempat bingung di media tiba-tiba dibilang, 'Iya sudah ada persetujuan bahwa nanti Pak Prabowo jadi presidennya, Pak Ganjar jadi wakil presidennya," ujarnya dalam pidato penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

"Aku terus di rumah melongo, ini yang ngomong siapa ya, ya aku kok ketua umumnya malah enggak ngerti."

"Coba, enggak usah didengerin. Kok enak banget gitu lho gatuk-gatukkan," ungkap Megawati.

Baca juga: Legawa Soal Posisi Cawapres Ganjar, Sandiaga Uno: Saya Berpolitik Bukan untuk Cari Jabatan

Mengenai wacana itu, Megawati menjelaskan dirinya telah diberikan amanat melalui kongres dan memiliki hak prerogatif untuk menentukan cawapres pendamping Ganjar.

"Saya diberi kongres partai sebagai petugas ketua umum untuk mendapatkan hak prerogatif, jadi ngapain saya ngomong sama orang. Itu kan berarti enggak punya hak prerogatif lagi," terangnya.

Pernyataan Megawati yang dinilai menutup peluang duet Prabowo dan Ganjar itu, mendapat tanggapan dari Partai Gerindra.

Megawati Dinilai Hormati Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menyebut pernyataan Megawati soal wacana duet Prabowo dan Ganjar merupakan penghormatan bagi Prabowo.

Habiburokhman menilai, tidak ada tendensi negatif dari pernyataan Megawati yang memberi sinyal menolak wacana duet Prabowo dan Ganjar.

"Pernyataan ibu Megawati tersebut adalah wujud penghormatan beliau kepada Pak Prabowo dan Partai Gerindra."

"Kami cermati beliau sama sekali tidak menyampaikan pernyataan bertendensi negatif kepada kami," ungkapnya, Senin (2/10/2023), dilansir Kompas.com.

Baca juga: Respons Megawati usai Lihat Hasil Survei Elektabilitas Bacapres PDIP Ganjar Pranowo Naik

Prabowo Subianto mengacungkan jempol disebut cocok bersatu dengan Ganjar, ia mengaku terbuka kepada siapa saja yang memenuhi kriteria sebagai cawapres.
Prabowo Subianto mengacungkan jempol disebut cocok bersatu dengan Ganjar, ia mengaku terbuka kepada siapa saja yang memenuhi kriteria sebagai cawapres. (Tangkap Layar YouTube Kompas TV)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat