androidvodic.com

Nasdem Sumut Somasi LSI Buntut Survei Elektabilitas Anies Baswedan di Sumatra Utara Hanya 5 Persen - News

News, MEDAN - Partai NasDem Sumut bersama seratus advokat melakukan somasi kepada Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Somasi itu berkaitan hasil survei elektabilitas 3 kandidat calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Survei oleh LSI dirilis pada Minggu lalu. Dalam survei itu disebut survei dilakukan pada 5 Provinsi terbesar di Indonesia seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten dan Sumut dengan melibatkan 1.200 responden.

Baca juga: Israel-Palestina Perang, Begini Cara 3 Capres Anies, Ganjar, & Prabowo Sikapi Kemerdekaan Palestina

Adapun hasil survei LSI di Sumatera Utara menunjukkan Ganjar Pranowo 65 persen, Prabowo Subianto 30 persen dan Anies Baswedan 5 persen.

Ketua DPW NasDem Iskandar ST menyebutkan, hasil survei LSI tak masuk akal dan mengada ada.

"Saat ini kami DPW NasDem Sumut bersama Badan Hukum bersama seratus advokat melayangkan somasi kepada Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang merilis hasil survei yang mengatakan Anies Baswedan elektabilitasnya 5 persen di Sumut. Somasi ini kami lakukan karena banyak kejanggalan di survei ini," kata Iskandar didampingi Badan Hukum NasDem Ariffani dan sejumlah pengurus DPW NasDem Sumut, (9/10/2023).

Iskandar mengatakan, NasDem bersama seratus advokat telah melayangkan somasi ke LSI mereka meminta agar LSI membuka data terkait survei Anies di Sumut.

Apalagi pada bulan Mei lalu, LSI oleh Denny JA juga merilis survei yang sama di Sumut. Pada bulan itu, elektabilitas Anies mencapai 32 persen di Sumut.

"Pada bulan Mei survei yang sama LSI pak Anies memperoleh 32,6 persen. Artinya hanya dalam empat bulan elektabilitas pak Anies turun hampir 27 persen, artinya setiap bulan turun 7 persen dan itu tidak masuk akal dan belum ada survei yang begitu dari Bacapres," kata Iskandar.

Menurut Iskandar survei elektabilitas Anies yang hanya 5 persen sangat tidak cocok dengan fakta yang ada.

Baca juga: Hadiri Acara Komunitas Pelaku Usaha Hijab, Anies Jelaskan Konsep Kerjasama BUMN-Perusahaan dan UMKM

Berdasarkan hitung hitungan pihaknya, Anies Baswedan yang kini berpasangan dengan Muhaimin Iskandar diyakini unggul di 20 Kabupaten kota di Sumatera Utara.

"Kami melihat realita di lapangan, bahwasanya masyarakat pendukung Anies Baswedan terutama pada 20 Kabupaten Kota di Sumatera Utara itu adalah basis kuat pak Anies dan dia akan menang di Sumut," tutur Iskandar

Penulis: Anugrah Nasution

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Nasdem Sumut Lakukan Somasi LSI Usai Rilis Elektabilitas Anies Baswedan Hanya 5 Persen di Sumut

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat