androidvodic.com

Meski MK Terima Gugatan Batas Umur, Pengamat Nilai Gibran Tak Milik Daya Ungkit Elektoral - News

News, JAKARTA - Analis politik dan Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menilai sosok Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak memiliki daya ungkit elektoral untuk bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Hal ini diungkapkan oleh Arif di tengah putusan MK yang sebagiannya menerima gugatan batas usia capres-cawapres.

Gibran, kata Arif, tidak memberikan efek elektoral yang signifikan jika dibandingkan dengan tokoh potensial lain di jajaran bakal calon wakil presiden untuk Prabowo, seperti Erick Thohir, Ridwan Kamil, dan Mahfud MD.

Menurut Arif, hal tersebut berdasarkan survei Ipsos tentang perkembangan dan dinamika elektoral jelang pendaftaran bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden.

“Ini karena dalam simulasi kami, Mas Gibran jika kita simulasikan dengan Pak Prabowo hanya berada di urutan kelima, di bawah bakal calon wakil presiden lainnya,” ujar Arif melalui keterangan tertulis, Senin (16/10/2023).

Sementara itu, untuk bacawapres Ganjar Pranowo, nama Mahfud MD dan Sandiaga S. Uno tidak;terpaut jauh, sehingga masih dapat dipertimbangkan plus minus modal sosial dan sumber daya lainnya yang diharap mampu menambah suara secara signifikan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sempat menjadi rebutan di dua poros politik ternyata tak memiliki efek elektoral yang signifikan.

"Dari simulasi kami Bu Khofifah berada di peringkat delapan dibawah tokoh lain, namun masih berpotensi saat kami tempatkan dalam simulasi 2 pasangan berhadapan dengan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno," tutur Arif.

Baca juga: Denny Indrayana: Prediksi Saya Benar, Putusan MK Muluskan Jalan Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024

Oleh sebab itu, menurut Arif, ketepatan dalam memilih pasangan cawapres akan menjadi salah satu variabel dalam memperbesar probabilitas kemenangan.

"Jangan sampai hanya melihat ketokohan secara permukaan, melainkan harus dipotret secara detail sehingga tidak salah dalam memilih bacawapres,” katanya.

Arif mengungkapkan bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, hingga kini masih saling berkejaran dalam mencari simpati dan dukungan masyarakat.

Hal ini karena interval atau jarak elektabilitas kedua tokoh tersebut terpaut sangat tipis dalam ambang margin of error.

"Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas sebesar 30,13 persen, sementara mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo elektabilitasnya sebesar 29,77 persen, sedangkan Anies Baswedan sebanyak 20 persen, dan yang masih belum menentukan pilihan sebanyak 20,10 persen," ungkap Arif.

Sementara itu, Deputy Director Ipsos Public Affairs Sukma Widyanti menyatakan dukungan dua organisasi besar NU dan Muhammadiyah juga tercermin dalam survei ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat