androidvodic.com

Sekjen PDIP Pastikan Sudah Undang Jokowi Hadiri Pengumuman Cawapres Ganjar - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi beragam pertanyaan terkait tidak hadirnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam agenda pengumuman nama Mahfud MD sebagai cawapres untuk Ganjar Pranowo.

Pengumuman itu dilakukan di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023) siang tadi.

Hasto menyatakan sedianya PDIP sudah memberitahukan kepada Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung terkait agenda ini.

"Ya kalau terkait bapak Presiden Jokowi, kami sudah sampaikan kepada mas Pramono Anung Wibowo yang mendampingi bapak presiden bahwa hari ini memang diumumkan (nama cawapres Ganjar)," kata Hasto kepada awak media saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta.

Baca juga: Ini Alasan Jokowi dan Gibran Tidak Hadir Saat Megawati Umumkan Mahfud MD Cawapres Ganjar

Akan tetapi, kata Hasto, saat ini Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Diketahui, Presiden Jokowi sedang menjalani kunjungan kerja ke China dan menemui Presiden China Xi Jin Ping sejak Senin (16/10/2023) lalu.

"Dan beliau (Presiden Jokowi) sedang menjalankan tugas kenegaraan," kata dia.

Dengan begitu, Hasto memastikan kalau sejatinya seluruh pihak baik pimpinan parpol rekan koalisi PDIP maupun Presiden Jokowi turut diundang dalam acara ini.

Hanya saja, sebagian ada yang hadir langsung, namun sebagian juga ada yang mengikuti agenda pengumuman nama Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar secara online.

"Sehingga itu tidak mengurangi seluruh kehidmatan dari pengumuman pak profesor Mahfud MD dan meningkatkan emotional bonding karena bantuan teknologi. jadi semua diundang," tukas dia.

Sebagai informasi, pemandangan berbeda terjadi saat pengumuman nama Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader dari PDIP tidak hadir di lokasi.

Hal itu menuai pertanyaan sebab saat PDIP mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai capres di Istana Baru Tulis Bogor, Jokowi, hadir langsung di lokasi.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo saat ini berada di Tiongkok menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt and Road Forum (BRF) for International Cooperation.

Jokowi ke Tiongkok sejak 16 Oktober 2023. 

Setelah dari Tiongkok, Jokowi juga akan ke Riyadh Arab Saudi.

Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan rangkaian kunjungan selama lima hari dan direncanakan akan tiba di Tanah Air pada tanggal 21 Oktober 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat