androidvodic.com

Hasil Tes Kesehatan Tiga Bakal Capres-cawapres Sudah Diserahkan RSPAD ke KPU RI Hari Ini - News

Hasil Tes Kesehatan Tiga Bakal Capres Cawapres Sudah Diserahkan RSPAD Gatot Soebroto ke KPU RI Hari Ini

Laporan Wartawan News, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Rangakaian hasil tes kesehatan semua bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) telah diserahkan oleh RSPAD Gatot Subroto kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jumat (17/10/2023).

“Alhamdulillah bahwa semua tahapan pemeriksaan telah dilaksanakan dari tanggal 21 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2023. Hasilnya sudah kami serahkan kepada ketua KPU RI," kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letjen Albertus Budi Sulistya di Kantor KPU RI.

Adapun hasil pemeriksaan yang diserahkan itu milik pasangan bakal capres cawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN), Ganjar Pranowo - Mahfud MD, dan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Prabowo Ngaku Was-was Tunggu Vonis Pemeriksaan Kesehatan dari Dokter RSPAD

Pihak RSPAD, kata Budi, menyusun  tim pemeriksa kesehatan secara profesional, independen, dan dapat dipercaya.

"Sehingga kami juga bersurat ke Menteri Kesehatan untuk menyertakan kolegium yang diperlukan perwakilan untuk menjadi tim pemeriksa dan juga dari BNN dan Himpunan Psikologi Indonesia,” jelas Budi.

Dari hasil pemeriksaan ini nantinya KPU akan menyimpulkan bahwa bakal capres atau cawapres dinyatakan mampu dan layak untuk bisa melanjutkan berkontestasi di pilpres 2024.

Diketahui, rangkaian tes kesehatan yang diikuti para pasangan calon ini diatur dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 1374/2023 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2024.

KPU menunjuk Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto sebagai tempat pemeriksaan kesehatan.

Sebagai informasi, RSPAD Gatot Soebroto telah melakukan tes kesehatan terhadap bakal capres cawapres yang mendaftarkan diri ke KPU.

Pada Sabtu (21/10/2023) tim RSPAD Gatot Soebroto melakukan tes kesehatan terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Minggu (22/10/2023) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kemudian pada Kamis (26/10/2023) pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tengah menjalani tes kesehatan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat