androidvodic.com

Momen Prabowo Subianto Ziarah ke Makam Kakek-Neneknya di Banyumas: Kalau Enggak Nyekar Takut Kualat - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAWA TENGAH - Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto turut melakukan ziarah makam saat mengunjungi Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).

Prabowo mengungkap, kunjungannya kali ini seraya pulang ke kampung halaman, jadi wajib dirasa untuk turut ziarah ke makam keluarga.

"Karena berada di dekat sini, kalau nggak mampir, nggak nyekar takut kualat," kata Prabowo saat ditemui awak media usai ziarah makam di Desa Dawuhan, Banyumas, Jawa Tengah.

Prabowo menyebut, beberapa makam yang diziarahi yakni termasuk makam kakeknya yakni Raden Mas Margono Djojohadikusumo dan sang nenek, Raden Ayu Margono Djojohadikusumo.

Dengan begitu, mantan Danjen Kopassus tersebut menegaskan kalau Banyumas merupakan daerah asalnya.

"Ini makam eyang kakung saya, kakek saya dengan eyang puti saya dan keluarga-keluarganya. Jadi memang aslinya berasal dari daerah sini dari daerah Banyumas, dan itu dari Pak Margono, jadi kami memang asal usulnya dari daerah sini dari daerah Banyumas," beber dia.

Usai berziarah, Prabowo menyatakan kenangannya terkait dengan Kabupaten Banyumas

Menurut dia, daerah tersebut merupakan penghasil banyak tokoh bangsa, termasuk di antaranya Panglima Besar Jenderal Sudirman.

"Banyumas, saya terkesan memang bahwa Banyumas dari dulu kan banyak menghasilkan tokoh-tokoh ya," kata dia.

"Jadi kita bangga disini, banyak, Panglima Besar Sudirman juga berasal dari sini dari Purwokerto. Dulu kepala sekolah SMA Muhamadiyah di Purwokerto banyak sekali pak Surono, Pak Sarbini begitu banyak yang berasal dari sini, jadi ya inilah kebanggan daerah sin, kebanggan kita semua," tukas Prabowo.

Sebagai informasi, kunjungan Prabowo Subianto ke Banyumas ini adalah untuk meresmikan 16 titik sumur air bersih yang menjadi agenda perbantuan dari Kementerian Pertahanan RI (Kemenhan) dan Universitas Pertahanan (Unhan).

Adapun 16 titik bantuan sumber air bersih tersebut tersebar di beberapa wilayah pengeboran.

Baca juga: Prabowo Disambut Ratusan Warga Desa Suro & Siswa SD saat Tiba di Banyumas Resmikan Sumur Air Bersih

Diantaranya yakni 7 titik pengeboran di Desa Suro, Banyumas; 3 di Blora, Boyolali; 2 di Purworejo; dan 1 di Kendal.

Di Banyumas ada 7 titik sumber air yang kini dapat digunakan oleh warga dari beberapa wilayah yaitu Desa Panjerukan dengan 120 kepala keluarga (KK); Desa Suro (120 KK); Desa Srowot (170 KK); Desa Kesegeran, (250 KK); Desa Sawangan, (230 KK); Desa Karang Kemoji (232 KK); dan Desa Kalitapen (580 KK).

Sementara 3 titik terdapat di Blora yang meliputi Desa Banjar Rejo (250 KK); Desa Tawang Rejo (220 KK); dan Desa Jati (150 KK). 

Kemudian ada 3 titik di Boyolali yaitu Desa Klumpit (150 KK); pesantren di Desa Bandung Wonosegoro (100 KK); dan Desa Ngaren (150 KK).

Calon presiden Prabowo Subianto saat ziarah makam leluhurnya di Desa Dawuhan, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023).
Calon presiden Prabowo Subianto saat ziarah makam leluhurnya di Desa Dawuhan, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2023). (News/Rizki Sandi Saputra)

Sebanyak 2 titik ada di Purworejo yakni Desa Jelok (102 KK) dan Desa Kali Agung (180 KK); serta di Kendal Desa Ngorgosari (400 KK).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat