androidvodic.com

Apel Kasatwil 2023 terkait Pengamanan Pemilu 2024, Kapolri Kumpulkan Seluruh Kapolda hingga Kapolres - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengumpulkan seluruh Kapolda hingga Kapolres di Indonesia, Rabu (1/11/2023).

Sigit mengumpulkan jajarannya itu dalam Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2023 dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.

Baca juga: PDIP Bongkar Sederet Elite Politik yang Diduga Punya Ide Presiden 3 Periode dan Penundaan Pemilu

"Hari ini Polri melaksanakan apel kasatwil yang diikuti seluruh pejabat utama, Kapolda, para Kapolres seluruh wilayah, untuk mempersiapkan personel Polri baik yang dipusat maupun yang di daerah, untuk bisa mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu yang sudah berjalan, betul-betul bisa berjalan dengan baik," kata Sigit kepada wartawan, Rabu (1/11/2023).

Menurutnya, situasi tantangan global saat ini akan berdampak kepada situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang perlu diwaspadai.

"Di sisi lain, selain tahapan pemilu kita juga tetap harus melaksanakan program-program yang sudah jadi agenda nasional. Mengawal program-program pembangunan yang harus tuntas di 2023 dan 2024," jelasnya.

Mantan Kabareskrim Polri ini menilai pihaknya harus siap dalam menghadapi situasi tersebut dengan memetakan setiap kerawanan yang akan mengganggu nantinya.

"Tentunya Polri harus siap, baik dalam menghadapi tahapan pemilu yang ada, menghadapi tantangan global yang berimplikasi terhadap meningkatnya kejahatan tertentu," ucapnya.

Baca juga: Politikus PDIP Sebut Pemilu 2024 Berpeluang Tidak Jurdil, Deddy: Karena Ada Anak Presiden

Sehingga, kata Sigit, semua proses tahapan hingga acara puncak pesta demokrasi tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Tentunya bagaimana kita bisa menjaga dalam situasi perbedaan pendapat karena perbedaan pilihan ini tidak membuat kondisi di lapangan kondisi masyarakat menjadi panas," ucapnya.

"Panasnya saya kira biar di TV, biar di medsos, tapi di lapangan di grassroot harus dingin. Yang namanya persatuan dan kesatuan harus kita jaga," sambungnya.

Lebih lanjut, Sigit melanjutkan pihaknya tidak akan segan-segan melakukan penindakan hukum kepada siapapun yang melakukan pelanggaran hukum.

"Mau tidak mau kita akan berikan peringatan dan kalau terus dilanjutkan kita akan lakukan penegakan hukum yang tegas," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat