androidvodic.com

Peta Dukungan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Jokowi di Pilpres 2024, Terbanyak ke Prabowo-Gibran? - News

News - Berikut ini peta arah dukungan politik para menteri dan wakil menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2024.

Diketahui dalam Pilpres 2024, ada tiga pasangan yang maju yakni pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Lantaran sebagian di antaranya merupakan aktor-aktor politik, para menteri dan wakil menteri Jokowi telah diketahui arah dukungan politiknya. 

Bahkan, dua menteri Jokowi menjadi calon presiden dan calon wakil presiden yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD

Secara aturan, para menteri dan wakil menteri boleh menunjukkan dukungan politik namun dilarang menggunakan fasilitas negara. 

Lantas, bagaimana peta arah dukungan politik para menteri Jokowi? Lebih banyak ke pasangan mana? Dihimpun News, Rabu (1/11/2023), berikut gambarannya: 

Menteri dan wakil menteri di kubu Prabowo-Gibran

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023). Keduanya datang untuk menjalani medical check up atau tes kesehatan. Tribunnews/Jeprima
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023). Keduanya datang untuk menjalani medical check up atau tes kesehatan. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Di kubu Prabowo-Gibran, setidaknya ada 16 menteri dan wakil menteri yang memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran.

Berikut daftarnya:

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

2. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar/Koalisi Indonesia Maju)

3. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

Hingga hari ini Luhut belum secara terang mendukung Prabowo-Gibran. Namun, secara tersirat, Luhut yang tengah dalam penyembuhan di Singapura tampak mendukung Prabowo-Gibran yang disampaikan melalui postingan di akun Instagramnya pada 25 Oktober 2023.

Selain itu, selama ini, Luhut juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Jokowi sehingga dukungan Luhut diperkirakan lebih condong ke Prabowo-Gibran. 

4. Menteri Sekretaris Negara Pratikno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat