androidvodic.com

Profil Bluebird, Perusahaan Taksi yang Presiden Komisarisnya Jadi Wakil Bendara TKN Prabowo-Gibran - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Warung Buncit, Jakarta Selatan, markas perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk.

Presiden Komisaris Bluebird Bayu Priawan Djokosoetono masuk dalam daftar Wakil Bendara Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. Kontan, nama Bluebird jadi perbincangan publik. 

Bayu Priawan dikenal dekat dengan sejumlah pengusaha KADIN yang juga duduk di Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran

Saat pemerintah menyatakan akan memindahkan ibukota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur, Bayu Priawan Djokosoeton yang saat itu menjadi chairman Blue Bird Group Holding menyatakan ibu kota yang baru punya potensi untuk digarap.

Karena dia meyakini pasti akan ada permintaan market atau pasar atas layanan transportasi di sana.

Bayu mengatakan, pihaknya sudah punya rencana untuk melakukan ekspansi di ibu kota baru, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur.

"Ibu kota baru tentu salah satu target kita untuk buka (operasional) nantinya ke depan," kata Bayu kepada awak media di Hotel JW Marriott, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).  "Tentu setiap tempat, daerah yang memiliki market share yang cukup kita akan buka," tuturnya.

Selain ibu kota baru, Blue Bird juga mengincar daerah lain yang potensial. Permintaan pasar menjadi menjadi salah satu faktor pertimbangan manajemen Blue Bird melakukan langkah ini. "Harapannya kita bisa buka. Bukan hanya Ibu Kota Baru tapi daerah-daerah yang kita anggap potensial. Kita juga akan tetap buka," jelasnya.

Layanan transportasi Bluebird saat ini sudah beroperasi di sejumlah kota-kota besar di Indonesia terutama di wilayah Jabodetabek.

Perusahaan taksi ini juga sudah mengoperasikan kendaraan listrik.

Berdasarkan data 2021, Bluebird memiliki lebih dari 20.000 armada dan 23.000 karyawan yang beroperasi pada 48 pool di 18 kota.

Perusahaan mencatatkan pendapatan sebesar Rp3,23 triliun sampai dengan kuartal III-2023, meningkat 29 persen secara year on year (YoY) dari Rp2,50 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Hingga 30 September 2023 perseroan telah menambah armada operasi hingga lebih dari 1.600 unit untuk semua segmen usaha. Hingga akhir tahun, BIRD menargetkan menambah dan meremajakan armada hingga 6.000 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat