androidvodic.com

Ganjarist Nilai Seharusnya Anwar Usman Mundur atau Diberhentikan Sebagai Hakim MK - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua Umum Relawan Kornas Ganjarist Kris Tjantra merespons soal Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang memutuskan memecat Anwar Usman sebagai Ketua MK imbas pelanggaran etik.

Kris menilai, Anwar tak hanya dipecat sebagai Ketua MK.

"Pak Anwar seharusnya diberhentikan tidak dengan hormat sebagai hakim konstitusi atau mundur secara legowo karena telah mencoreng Lembaga tinggi Mahkamah konstitusi," kata Kris dalam pesan yang diterima, Selasa (7/11/2023).

Dengan dua opsi tersebut, Kris menilai wajah MK akan terselamatkan.

Kris menilai bahwa selama ini MK berada dalam perbincangan publik jelang kontestasi Pilpres 2024.

"Tentu saja kita tahu fakta ada kedekatan antara Pak Anwar Usman dan keluarga Pak Presiden," ujarnya.

Kris juga mengatakan bahwa masyarakat ingin agar MK segera berbenah untuk mendapat kepercayaan publik kembali.

"Harapan dari masyarakat juga bahwa pembenahan dari MK ini dilakukan secepatnya karena menjelang 90 hari kita menuju pesta demokrasi pilpres, kita harus memastikan bahwa lembaga seperti MK harus netral dan ini bisa menjaga wibawa," kata Kris.

"Kami di Ganjarist berharap MK bisa menempatkan diri dalam posisi tersebut dan juga segera dilakukan pembersihan agar wajah MK mendapatkan kepercayaan kembali dari publik," pungkas Kris.

Diberitakan sebelumnya, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) membacakan putusan nomor 2/MKMK/L/11/2023 terkait dugaan pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dengan terlapor Ketua MK Anwar Usman.

Dalam amar putusannya, Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie menyatakan, bahwa hakim terlapor yakni Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

Putusan itu dibacakan oleh Jimly dalam sidang yang digelar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Sidang ini dipimpin oleh Jimly Asshiddiqie selaku Ketua MKMK serta anggota Bintan R Saragih dan Wahiduddin Adams.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat