androidvodic.com

Daftar 7 Menteri Jokowi dari PDIP, Ada yang Datang ke Megawati Bilang Ingin Mundur dari Kabinet - News

News - Tujuh menteri yang saat ini menjabat di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berasal dari PDI Perjuangan (PDIP).

Sejumlah menteri dari PDIP dikabarkan ingin mundur dari kabinet Jokowi.

Politikus PDIP, Deddy Sitorus, mengatakan beberapa sudah bertemu Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menyatakan keinginan untuk mundur dari posisi menteri. 

Tetapi, Megawati menyinggung tanggung jawab seorang menteri kepada rakyat.

"Ketika beberapa menteri datang ke Ibu Mega untuk menyatakan ingin mundur, Ibu bilang bahwa menjadi menteri itu adalah bagaimana tanggung jawab kita kepada bangsa, kepada rakyat."

"Sepanjang mereka masih dibutuhkan presiden, silakan presiden," kata Deddy, Sabtu, (11/11/2023), dikutip dari tayangan di kanal YouTube Kompas TV.

Deddy menyebut, PDIP mempersilakan Jokowi menarik menteri-menteri PDIP apabila menganggap tak lagi dibutuhkan lantaran sudah tidak sejalan dengan keinginannya.

"Tapi kami tidak akan menarik karena mereka menjadi menteri itu adalah penugasan dan itu diperjuangkan, bukan seperti yang lain, yang kemudian datang dan mendapatkan jabatan ya," katanya.

Baca juga: Megawati Larang Kader PDIP Serang Kewibawaan Presiden Jokowi

Daftar Menteri Jokowi dari PDIP

1. Yasonna Laoly

Jabatan: Menteri Hukum dan HAM (Menkumham)

Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Yasonna Laoly didampingi jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/3/2023).
Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Yasonna Laoly didampingi jajarannya mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/3/2023). (WARTAKOTA/YULIANTO)

2. Tri Rismaharini

Jabatan: Menteri Sosial

Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat Konferensi pers tentang Penggeledehan Gedung Kementerian Sosial oleh KPK di Jakarta, Rabu (24/5/2023).
Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) saat Konferensi pers tentang Penggeledehan Gedung Kementerian Sosial oleh KPK di Jakarta, Rabu (24/5/2023). (WARTA KOTA/YULIANTO)

Baca juga: Peta Politik Kekuatan Jokowi di DPR Jika PDIP, Nasdem, PKB, dan PPP Keluar dari Koalisi Pemerintahan

3. Basuki Hadimuljono

Jabatan: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (News/Taufik Ismail)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat