androidvodic.com

Soal Isu Aparat Pasang Baliho, Pengamat Pertanyakan Fungsi Bawaslu - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti menyoroti pernyataan Bawaslu yang meminta bukti terkait isu pemasangan baliho oleh aparat.

Dikatakannya ia tak tahu apakah maksud Bawaslu itu dibuktikan mereka yang menduga keterlibatan aparat atau oleh aparat sendiri.

"Jika kedua belah pihak yang diminta untuk membuktikan hal ini, maka pertanyaannya apa sebenarnya fungsi dan manfaat Bawaslu ini," kata Ray Rangkuti dalam keterangannya dikutip Senin (13/11/2023).

Ia melanjutkan saat banyak baliho bertebaran dengan ukuran sangat besar, mestinya bisa jadi bahan awal bagi Bawaslu untuk melakukan fungsinya.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Rusak Baliho Caleg Gerindra, Viva Yoga: Tak Mungkin Itu Dilakukan Kader PAN

"Yakni pengawasan atas pengadaan, pemasangan dan peletakan baliho dimaksud. Dan kewajiban pengawasan itu, seharusnya makin meningkat manakalah ditemukan potongan video yang menggambarkan pemasangan dan sekaligus pencopotan baliho-baliho dimaksud," katanya.

Menurutnya Bawaslu bisa mengecek apakah itu dilakukan dengan cara yang tepat atau tidak.

Memilliki izin atau tidak. Dipasang di tempat yang diperkenankan atau sebaliknya.

Baca juga: Baliho Prabowo-Gibran Disebut Mirip Dirinya, Sandiaga: Salah Satu Kejelian Masyarakat

"Dan lebih meningkat lagi manakala ada laporan jurnalistik yang mengangkat judul adanya dugaan instruksi di kepolisian untuk memasang baliho di banyak tempat," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat