androidvodic.com

Nomor Urut Capres-Cawapres Diundi Malam Ini, TKN Prabowo-Gibran Imbau Pendukung Tak Datang ke KPU RI - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) akan mengundi nomor urut pasangan capres-cawapres yang maju di Pilpres 2024, Selasa (14/11/2023) malam ini.

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengimbau agar seluruh massa pendukung tidak perlu hadir ke KPU RI.

"Kami imbau kepada pendukung-pendukung kami dalam rangka pengambilan dan penetapan nomor urut Selasa malam supaya juga tidak perlu datang ke KPU," kata Nusron kepada awak media, Selasa (14/11/2023).

Pernyataan itu disampaikan Nusron guna menghindari beragam hal yang tidak diinginkan seperti halnya bentrokan.

Massa pendukung pasangan Prabowo-Gibran diminta untuk tetap mempercayakan proses demokrasi yang sedang berjalan.

"Mengapa? Karena guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, biarkan proses demokrasi ini berjalan secara alamiah, berjalan secara partisipatoris, tidak berjalan secara mobokrasi alias adanya mobilisasi yang berdalih kepada partisipasi demokrasi," tukas dia.

Baca juga: PKB Berharap Anies dapat Nomor Urut 1, Ganjar dan Prabowo Tidak Pentingkan Nomor Urut

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribunnnews.com, rencananya pasangan Prabowo-Gibran bersama TKN akan kumpul terlebih dahulu di kawasan Teuku Cik Ditiro.

Setelahnya sekitar pukul 18.00 WIB rombongan capres-cawapres bersama TKN menuju ke KPU RI.

Sebelumnya Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan rangkaian acara pengundian nomor urut tersebut.

Awalnya, kata Hasyim, akan terlebih dahulu melakukan makan malam bersama sebelum penentuan nomor urut.

"Jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres cawapres, dan pimpinan parpol yang mengusulkan mendaftarkan masing-masing pasangan calon," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

"Kemudian kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon, yang jumlahnya nanti kami layani di tribun yang disiapkan dihalaman parkir kantor KPUi itu, masing-masing pimpinan parpol atau tokoh tokoh yang diusulkan oleh masing masing paslon," sambungnya.

Hasyim juga menjelaskan, jika kehadiran para elite parpol pengusung ketiga capres dan cawapres pun dibatasi dengan kuota 150 orang.

"khusus untuk yang pimpinan parpol tentu saja nanti ketum sekjen dan masing-masing parpol beserta paslon," kata Hasyim.

Tak hanya itu, Hasyim menambahkan, usai lakukan makan malam bersama, nantinya akan dilanjut dengan pleno terbuka perihal pengambilan nomor urut.

Usai pengambilan nomor urut, nantinya ketiga capres dan cawapres akan diberikan waktu untuk memberikan sambutan.

"Kami berikan kesempatan bagi masing masing paslon sekitar 10 menit untuk menyampaikan kata sambutan paslon capres cawapres satu tim 10 menitan," imbuh dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat