androidvodic.com

KemenPPPA Minta Anak-anak Tak Dilibatkan dalam Kampanye Pemilu 2024 - News

News, JAKARTA - Sekretaris KemenPPPA, Pribudiarta N Sitepu, meminta anak-anak tidak dilibatkan dalam kepentingan politik pada Pemilu 2024 mendatang.

Dirinya mengingatkan bahwa dalam proses kampanye terdapat sejumlah perbuatan yang harus dijauhkan dari anak-anak.

"Perlu kesadaran semua pihak, termasuk seluruh peserta pemilu dan pemilihan serentak agar tidak melibatkan anak untuk kepentingan politik, misalnya dalam penyelenggaraan kampanye terbuka ada lontaran yel-yel dengan nada menghujat, umpatan, fitnah dan kampanye hitam merupakan hal-hal yang sering terjadi dalam kampanye," ujar Pribudiarta melalui keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Tim Pemenangan Capres-cawapres Dilaporkan Karena Diduga Iklan Kampanye Libatkan Anak-anak

Pribudiarta mengatakan perlindungan hak anak harus tetap menjadi prioritas oleh semua pihak pada Pemilu 2024.

Perlindungan tersebut dalam penyelenggaraan pemilu, termasuk di dalamnya kegiatan kampanye, proses pemilu, penghitungan suara ,dan sengketa hasil pemilu.

"KemenPPPA mengajak seluruh peserta Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Gubernur, Bupati, Wali kota, dan masyarakat untuk menciptakan penyelenggaraan Pemilu yang ramah anak," tutur Pribudiarta.

KemenPPPA bersama Kementerian Dalam Negeri, KPAI, KPU, dan Bawaslu telah melakukan penandatanganan Surat Edaran Bersama (SEB) tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang Ramah Anak,lm

"Besar harapan saya bahwa kegiatan ini dapat memperkuat sinergi dan komitmen kita semua untuk mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan Anak Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024,” ujar Pribudiarta.

Seperti diketahui, dalam regulasi yang sudah ditetapkan pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum memuat aturan terkait pelarangan untuk mengikutsertakan WNI yang tidak atau belum bisa memilih dalam hal ini termasuk anak dalam pelaksanaan kampanye.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat