androidvodic.com

KSAL Pimpin Rakor Renaku II dan Apel Dansat, Bantuan Pengamanan Pemilu 2024 di DKI Lebih Diutamakan - News

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Renaku) II dan Apel Komandan Satuan 2023 di Bumi Marinir Cilandak Jakarta pada Selasa (21/11/2023). 

Peserta Apel Komandan Satuan tahun 2023 tersebut rencananya akan diikuti sebanyak 293 peserta, dimana 182 personel akan hadir secara langsung.

Sedangkan sebanyak 111 personel akan menghadiri rapat melalui video conference.

Mereka terdiri dari Pejabat Utama Mabes AL, para Pangkotama TNI AL bintang tiga dan bintang dua, para Danlantamal, para Danpasmar, para Danlanal, para Komandan KRI, perwakilan Asisten tiap Kotama, serta para Komandan Satuan di lingkungan Kolat, Marinir, Pusdik, dan Penerbang TNI AL.

Ali menjelaskan Renaku digelar untuk membahas penyerapan anggaran di tahun 2024 agar tepat sasaran sesuai dengan prioritas dalam pembangun TNI AL ke depan.

Sedangkan apel komandan satuan, kata dia, ditujukan untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat satuan-satuan di bawah jajaran Angkatan Laut.

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan soliditas di antara seluruh satuan TNI AL dan sinergi ke depan dengan satuan-satuan lain baik dengan jajaran TNI AD, AU, Kepolisian pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, kementerian, lembaga, serta seluruh komponen bangsa.

"Rencana renaku dan Apel Komandan Satuan kali ini dilaksanakan di Mako Marinir Cilandak dalam rangka juga untuk menyatukan persepsi dalam menghadapi beberapa permasalahan yang akan kita hadapi ke depan, terutama dalam waktu dekat ini adalah pesta demokrasi pemilu tahun 2024," kata Ali sebelum acara berlangsung.

Baca juga: Pemerintah Jamin Kesehatan Petugas Pemilu 2024: Dapat Layanan Pemeriksaan Kesehatan

Ali mengatakan sejauh ini satuan-satuan yang diproyeksikan untuk membantu pengamanan Pemilu 2024 ke sejumlah daerah di Indonesia tidak jauh berbeda dengan pemilu pada tahun 2019 lalu.

Namun demikian, kata dia, perbantuan pengamanan di wilayah DKI Jakarta lebih diutanakan.

"Memang beberapa satuan sudah kita siapkan terutama di DKI yang lebih full karena di sini pesta demokrasinya kan di DKI. Tapi kita semua ini membantu tugas Polri dalam pengamanan Pemilu," kata dia.

Rakor Renaku II dan Apel Komandan Satuan tersebut akan dilakukan selama satu hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat