androidvodic.com

Hasil Survei Elektabilitas Terbaru Capres-Cawapres, Anies di Bawah Bayang-bayang Ganjar dan Prabowo - News

News - Inilah daftar beberapa hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di bulan November 2023.

Jelang Pilpres 2024 bergulir, sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 1, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masih sulit bersaing dengan pasangan calon (paslon) lain.

Berdasarkan lima hasil survei, empat lembaga survei menempatkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di posisi pertama.

Kemudian, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD unggul di satu hasil lembaga survei sedangkan Anies-Cak Imin konsisten berada di posisi ketiga.

Baca juga: 7 Hasil Survei Terbaru Bulan November Elektabilitas Capres Cawapres 2024, Prabowo-Gibran Unggul

1. LSN

Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei mengenai elektabilitas capres dan cawapres pada Jumat (24/11/2023).

Survei itu dilakukan pada 5 s.d. 12 November 2023 di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel dalam survei LSN sebanyak 1.420 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Responden terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara lewat telepon dengan responden oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuesioner.

Kemudian, hasil survei ini memiliki margin of error kurang lebih sebesar 2,6 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Survei LSN menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran lebih unggul dibandingkan pasangan lain andai Pemilu dilaksanakan saat ini alias mereka akan lolos ke putaran kedua.

Sementara Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin sama-sama masih berpeluang untuk lolos ke putaran kedua maupun tereliminasi.

- Prabowo-Gibran: 42,1 persen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat