androidvodic.com

PROFIL Singkat 6 'Pengawal' Ganjar saat Kampanye di Tanah Papua, Ada TGB hingga 3 Mantan Jenderal - News

News, JAKARTA - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, membuka kampanye hari pertama di tanah Papua, tepatnya di Merauke, daerah ujung Timur Indonesia.

Ia mendapat sambutan hangat saat mendarat di Bandara Internasional Mopah, Merauke, Selasa (28/11/2023).

Selama dua hari berkampanye di Merauke, Ganjar dan tim mendapat sambutan hangat dari tokoh masyarakat, tokoh agama, generasi Z hingga Mama-Papa Papua.

Ganjar tidak sendiri. Ia dampingi enam petinggi TPN, yang bukan orang sembarangan.

Keenam orang itu di antara adalah mantan Panglima TNI Andika Perkasa, mantan Gubernur Lemhanas Andi Wijayanto, mantan Wakapolri Gatot Edhy, hingga Tuan Guru Bajang (TGB).

Berikut adalah profil singkat keenam tokoh yang mengawal Ganjar ke Tanah Papua.

1. Andika Perkasa

Andika Perkasa tercatata pernah menjadi komandan Pasukan Pengaman Presiden dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), sebelum akhirnya menjadi panglima TNI.

Andika Perkasa merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada 1987. Pria kelahiran 21 Desember 1964 di Bandung ini, memulai karier militernya sebagai perwira pertama di infanteri dalam Korps Baret Merah (Kopassus) Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus selama 12 tahun.

Presiden Jokowi melantik Andika Perkasa sebagai panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, pada 17 November 2021, menggantikan posisi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya dilantik, Jokowi mengajukan nama Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI pada awal November 2021 ke DPR.

Komisi I DPR menyatakan persetujuan atas nominasi Presiden Joko Widodo untuk mengangkatnya sebagai Panglima TNI.

Selain pendidikan militer, Jenderal TNI Andika Perkasa juga mengejar pendidikan tinggi di dalam negeri dan meraih tiga gelar akademik Strata-2 (MA, MSc, MPhil) dan satu gelar akademik Strata-3 (PhD) dari perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat.

Setelah pensiun, ia resmi bergabung dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat