androidvodic.com

Gibran Salah Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Pakar: Bisa Dihindari jika Punya Banyak Pengalaman - News

News - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menjadi bahan perbincangan karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil.

Rekaman video soal pernyataan Gibran tersebut pun viral di media sosial.

Menanggapi hal itu, Pengamat Komunikasi Politik dari Pusat Kajian Pembangunan Daerah (PKPD), Wahyuningsih Subekti, menyatakan bahwa hal tersebut sebenarnya bisa dihindari jika seseorang memiliki banyak pengalaman.

“Sebenarnya kesalahan-kesalahan dalam penyebutan tersebut dapat dihindari jika dia memang memiliki pengalaman yang sudah cukup banyak serta menguasai bidang tertentu,” ujar Wahyuningsih, Selasa (5/12/2023).

Kemampuan berkomunikasi bagi tokoh politik, menurut Wahyuningsih, perlu dilatih karena sifatnya bukan bakat.

Terlebih lagi, jika seseorang itu akan menjadi seorang pemimpin negara.

“Pada saat seseorang terbiasa menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban pendek dan terbiasa menolak untuk memberikan penjelasan secara komprehensif."

"Maka orang tersebut, bisa masuk ke dalam field of nervous and anxiety tersebut, apalagi jika dia memiliki beban sebagai calon pemimpin negara,” ujarnya

Baca juga: Gibran Diduga Sudah Dua Kali Langgar Aturan Kampanye, TKN Tegaskan Tidak Mau Main Curang

Menurutnya, ketika seseorang ingin menjelaskan sesuatu yang bukan kemampuan di bidangnya, maka lebih baik menggunakan kata-kata yang umum.

“Ketika seseorang berniat untuk menjelaskan sesuatu yang sebenarnya bukan bidangnya, akan lebih baik dia memilih kata-kata yang lebih umum."

"Tidak menggunakan jargon-jargon yang bukan bidangnya agar pikirannya tidak terlalu terbebani," jelasnya.

Sementara itu, Gibran menyampaikan permintaan maaf karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat.

“Apa sih kemarin saya menyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya,” kata Gibran usai badminton di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Sebelumnya, kejadian tersebut berawal dari Gibran yang mengkampanyekan programnya, yakni Kartu Indonesua Sehat (KIS) untuk ibu dan anak saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif pada Minggu (3/12/2023) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat