androidvodic.com

Kementerian LHK Paparkan Lima Cara Indonesia Capai Nol Sampah dan Nol Emisi Tahun 2050 - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan HIdup dan Kehutanan (KLHK), telah menetapkan peta jalan untuk mencapai zero waste pada tahun 2040 dan mendekati nol emisi pada tahun 2050.

Hal itu tertuang dalam Dokumen Rencana Operasional Zero Waste, Zero Emission Indonesia 2050, yang merupakan bentuk komitmen Indonesia terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Soft Launching tersebut dilakukan ketika menggelar talk show dengan tema “Zero Waste and Zero Emission Goals on Municipal Solid Waste” di Paviliun Indonesia COP28 UNFCCC UAE berlokasi di Expo City Dubai, Selasa (5/12/2023).

Dijelaskan Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan HIdup dan Kehutanan (PSLB3-KLHK), Rosa Vivien Ratnawati, ada lima cara mencapai zero waste pada tahun 2040 dan mendekati nol emisi pada tahun 2050.

Pertama, pengelolaan TPA dengan metode controlled/ sanitary landfill dengan fasilitas penangkapan gas metan.

Kedua, tidak ada pembangun landfill baru di tahun 2030 dengan mengoptimalisasi landfill yang sudah ada dan pelaksanaan landfill mining.

Ketiga, zero open burning dimulai di tahun 2031. Langkah keempat, optimalisasi fasilitas pengelolaan sampah seperti waste-to-energy, RDF, SRF, biodigester, dan pengelolaan sampah organik lainnya.

"Sehingga pada tahun 2040 hanya sampah residu yang dikelola di landfill," kata Rosa.

Lelima, memperkuat aktivitas pemilahan sampah, di sumber dan memanfaatkan sampah sebagai bahan baku daur ulang sebagai bentuk implementasi ekonomi sirkular.

“Kami mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai zero waste pada tahun 2040 dan mendekati nol emisi pada tahun 2050,” ujar Rosa.

Konsisten Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Saat Talk Show dengan tema “Zero Waste and Zero Emission Goals on Municipal Solid Waste” di Expo City Dubai, Dirjen Rosa Vivien mengundang pihak-pihak swasta yang telah melakukan inisiatif baik dalam pengelolaan sampah.
Konsisten Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Dalam paparan saat talk show, Dirjen PSLB3, Rosa Vivien menjelaskan, sebagai negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim, Indonesia secara konsisten berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dan meningkatkan ketahanan iklim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat