androidvodic.com

12 Hasil Survei Elektabilitas Capres, Airlangga Hartarto Optimis Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran - News

News - Berikut 12 hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sejauh ini, sejumlah hasil survei menunjukkan bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dibandingkan dua paslon lain.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, pun menuturkan bahwa tren elektabilitas Prabowo-Gibran terus naik.

Baca juga: Prabowo-Gibran Unggul di 9 dari 10 Hasil Survei Elektabilitas Capres-Cawapres

Kemudian, berdasarkan hasil survei internal mereka, Airlangga optimis pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu bisa memenangkan Pilpres 2024 lewat satu putaran saja.

Hal itu disampaikannya dalam acara konsolidasi pemenangan pemilu DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Mercure, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).

"Ya, (satu putaran). Namanya upaya satu putaran," tutur Airlangga.

Sebagai informasi, syarat untuk bisa memenangkan Pilpres 2024 satu putaran saja ialah dengan memperoleh suara di atas 50 persen.

Bagaimana Kenyataannya?

Diketahui, dari 12 lembaga yang mengeluarkan survei elektabilitas capres-cawapres, Prabowo-Gibran unggul di 11 hasil survei

Bahkan dari 11 lembaga survei yang menempatkan Prabowo-Gibran di puncak, tiga di antaranya menyebut mereka berpeluang untuk memenangkan Pilpres 2024 satu putaran saja.

Ketiga lembaga itu ialah Y-Publica, Survei Political Weather Station (PWS), dan Voxpopuli Research Center.

Berdasarkan hasil survei dari ketiganya, Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas di atas 50 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, unggul di satu survei yang dikeluarkan oleh Lembaga Pemilih Indonesia (LPI).

Berbeda dengan dua paslon tersebut, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, lebih banyak berkutat di posisi ketiga dalam sejumlah survei di bawah ini.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Mercure, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023). 
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat konsolidasi pemenangan Pemilu 2024 DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah di Hotel Grand Mercure, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).  (Istimewa)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat