androidvodic.com

Hasil Survei Litbang Kompas Desember 2023: Elektabilitas Anies-Cak Imin Kalahkan Ganjar-Mahfud - News

News - Ada yang berbeda dari hasil survei Litbang Kompas pada Desember 2023 mengenai elektabiltas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Di mana, dari hasil survei tersebut menunjukkan pasangan calon (paslon) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengalami peningkatan elektabilitas.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas sepanjang 2023, Anies-Cak Imin selalu berada di posisi ketiga atau terakhir dibandingkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Kemudian, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas terbaru ini, elektabilitas Anies-Cak Imin berada di posisi kedua setelah paslon Prabowo-Gibran yang menempati posisi pertama.

Artinya, kali ini, untuk pertama kalinya, Anies-Cak Imin berhasil mengalahkan elektabilitas paslon Ganjar Pranowo-Mahfud yang kini berada di posisi ketiga berdasarkan hasil survei Litbang Kompas.

Berikut selengkapnya hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (11/12/2023):

- Prabowo-Gibran: 39,3 persen

- Anies-Cak Imin: 16,7 persen

- Ganjar-Mahfud: 15,3 persen

Baca juga: Hasil Survei Litbang Kompas Terbaru: Prabowo-Gibran Unggul, Disusul Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud

Namun, Litbang Kompas menegaskan jumlah responden yang belum menentukan pilihan atau undecided masih di angka 28,7 persen.

Artinya, angka survei per kandidat yang ditampilkan hari ini masih dapat berubah.

Jumlah tersebut terbilang besar dan disebutkan menjadi penentu dinamika politik yang terjadi dalam dua bulan menjelang pemungutan suara.

Adapun, survei Litbang Kompas ini dilaksanakan pada 29 November-4 Desember 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.364.

Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat