androidvodic.com

Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran di Ambang Kemenangan? - News

News, JAKARTA - Bagi Prabowo, Pilpres kali ini seperti lagu terkenal Elvis Presley: It's Now or Never. Sejak Pilpres tahun 2004, Prabowo sudah ikut konvensi Partai Golkar untuk menjadi calon Presiden. Pilpres 2024 adalah Pemilu Presiden kelima yang ia ikuti.

Pilpres 2004, Prabowo gagal menjadi Capres Partai Golkar. Pilpres 2009, ia menjadi Cawapres Megawati dan gagal. Pilpres 2009 dan 2014, Prabowo menjadi Capres dan kembali gagal.

Jika gagal lagi kali ini di Pilpres 2024, Prabowo sudah menyatakan akan pensiun saja dan naik gunung. Jika tidak sekarang di Pilpres 2024 terpilih menjadi Presiden, Prabowo tak akan pernah menjadi Presiden Indonesia. Now or Never!

Jika tak ada blunder yang besar di kubu Prabowo–Gibran di sisa waktu menuju Februari 2024, besar kemungkinan Prabowo tidak pensiun dan naik gunung. Kini Prabowo-Gibran di ambang kemenangan. Selisih elektabilitasnya di atas 18 persen terhadap semua kompetitor!

Prabowo–Gibran elektabilitasnya saat ini sebesar 42.9 persen. Sementara Ganjar Pranowo – Mahfud MD berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24.9 persen. Kemudian Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 24.0 persen.

Tambahan suara yang diperlukan Prabowo-Gibran untuk menang satu putaran lebih kecil dibandingkan tambahan suara yang diperlukan pasangan Ganjar – Mahfud dan Anies – Muhaimin untuk lolos ke putaran kedua.

Pasangan Prabowo-Gibran untuk menang satu putaran memerlukan tambahan suara 7.2 persen. Ganjar – Mahfud untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 8.4 persen. Anies – Muhaimin untuk masuk ke putaran kedua butuh tambahan 9.3 persen.

Demikian temuan menarik dari hasil riset LSI Denny JA kali ini. LSI Denny JA melakukan survei tatap muka (Face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1.200 responden, margin of errorsurvei ini sebesar 2.9 persen.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion. Survei dan riset kualitatif dilakukan pada tanggal 20 November – 3 Desember 2023.

Elektabilitas Pasangan Capres

Hasil survei simulasi kertas suara pemilu Pilpres akhir November 2023 adalah Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 42.9 persen.

Posisi kedua Ganjar – Mahfud dengan elektabilitas sebesar 24.9 persen. Posisi ketiga Anies – Muhaimin dengan 24.0 persen. Sebesar 7.7 persen menyatakan belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab.

Prabowo-Gibran unggul 18 persen atas Ganjar - Mahfud, dan unggul 18.9 persen atas Anies – Muhaimin. Adapun selisih antara Ganjar – Mahfud dengan Anies – Muhaimin sebesar 0.9 persen.

Dilihat secara tren, elektabilitas Prabowo-Gibran dan Anies – Muhaimin terus menaik, sedangkan Ganjar –Mahfud terus menurun. Pada survei Oktober 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 36.8 persen. Survei di awal bulan November elektabilitasnya naik menjadi 40.3 persen. Survei di akhir bulan November naik kembali ke angka 42.9 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat