androidvodic.com

Sekjen PDIP: Debat Perdana Capres-Cawapres Bakal Mengubah Konstelasi Politik Pilpres 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, CILEGON - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyebut debat perdana kandidat Pilpres 2024 RI bertema hukum, hak asasi manusia (HAM), hingga pemberantasan korupsi pada 12 Desember 2023 akan mengubah peta perpolitikan nasional.

Hal itu disampaikan Hasto saat ditanya wartawan soal persiapan debat dari pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

Hasto juga menyebut bahwa Ganjar-Mahfud telah siap mengikuti debat perdana pada 12 Desember 2023, besok.

"Debat sudah disiapkan dengan sebaik-sebaiknya. Debat ini akan ikut mengubah suatu konstelasi politik terkait dengan pilpres," kata Hasto usai mengadiri acara konsolidasi partai DPC Kabupaten Cilegon, Banten, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Jelang Debat Capres, Pukul 16.00 Besok Kawasan Jalan Imam Bonjol Jakarta Sudah Steril

Meski begitu, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) itu tak memerinci soal perubahan politik yang bakal terjadi.

Dia hanya menekankan pelaksanaan debat perdana dilaksanakan pada saat kader PDI Perjuangan, PPP, Perindo, Hanura, dan sukarelawan melaksanakan door to door menemui rakyat agar mendukung capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Dia bahkan mengatakan sosok Bappilu PPP Sandiaga Uno belakangan juga melakukan blusukan ke berbagai daerah jelang debat yang mempertebal keyakinan kubu Ganjar-Mahfud bakal menang di Sumatra, Banten, dan Jawa Barat.

"Pak Sandiaga Uno keliling untuk menjelaskan, karena Pak Sandi ini sosok yang paling paham Pak Prabowo, yang paling paham Pak Anies. Pak Sandi mengatakan hanya Pak Ganjar-Mahfud yang mampu melanjutkan hal-hal yang baik dari Pak Jokowi," kata Hasto.

"Sehingga dengan pergerakan oleh Pak Sandiaga Uno ini juga akan merubah konstelasi khususnya di wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat," beber Hasto.

Politisi asal Yogyakarta ini kembali ditanya soal kemungkinan Ganjar-Mahfud memiliki persiapan tertentu jelang debat perdana pada 12 Desember 2023, besok.

Hasto pun menjelaskan, bahwa persiapan yang dilakukan oleh Ganjar-Mahfud adalah menemui rakyat untuk mendengarkan semua aspirasi.

"Ya, persiapan dilakukan dan ketika Pak Ganjar turun ke bawah, tidur di rumah-rumah rakyat, Pak Ganjar menangkap hal yang paling genuine. Maka, KTP Sakti itu adalah hal yang paling genuine sebagai hasil dari blusukan dan tinggal di rumah rakyat," jelas Hasto.

Terkait debat, Hasto menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan menggelar nonton bareng bersama dengan TPN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat