androidvodic.com

Debat Perdana Capres, Wakil Ketua Dewan Pengarah TKN Sebut Prabowo Kuasai Materi - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Debat perdana Pilpres 2024 rampung digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (12/12/2023) malam.

Debat pertama tersebut mengusung tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, di mana yang beradu gagasan adalah capres dari masing-masing pasangan calon.

Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra mengaku terkejut dengan penampilan Prabowo pada debat perdananya, karena menguasai materi terkait tema debat.

"Saya sangat surprise dengan Pak Prabowo. Dia selalu berdiskusi panjang dengan kami semua. Beliau tampak menguasai materi," kata Yusril kepada wartawan, Rabu (13/12/2023).

Salah satu yang dicontohkan Yusril yakni ketika Prabowo menyebut kesejahteraan aparat jadi fondasi penting dalam menguatkan hukum di Indonesia. Yakni dengan menaikkan gaji para penegak hukum.

Selain itu dalam debat, Prabowo juga menegaskan bahwa ia menempatkan hukum, HAM dan pelayanan publik serta pemberantasan korupsi sebagai hal-hal yang ditaruh paling atas dalam visi-misinya.

Guru Besar Hukum Tata Negara ini juga menyebut jika menang Pilpres 2024 Prabowo punya rencana untuk membentuk Badan Pusat Legislasi Nasional untuk menguatkan hukum di Indonesia.

Badan ini kata Yusril, nantinya akan mengharmonisasi berbagai aturan mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Mardiono Sebut Debat Perdana Capres Didominasi Ganjar

Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono menilai debat perdana didominasi capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Menurut Mardiono, dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan, Ganjar paling mendominasi. Pihaknya pun mengaku puas dengan penampilan Ganjar dalam debat perdana capres tersebut.

"Menurut pandangan saya dan saya mendapatkan laporan dari konstituen, grassroot, kader-kader, para tokoh ya menempatkan Pak Ganjar Pranowo mendominasi pada satu perdebatan itu yang dinilai yang terbaik dengan ide dan gagasan," kata Mardiono di Gedung High End, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Kapten Timnas Optimis Elektabilitas AMIN Meningkat

Kapten Tim Nasional Pemenangan AMIN (Anies-Muhaimin) Muhammad Syaugi, optimistis elektabilitas paslon nomor urut 1 itu akan meningkat, usai debat perdana capres.

Sebab, menurut Syaugi Anies berhasil menyampaikan substansi materi pada debat pertama ini.

"Ya pasti lah (optimis elektabilitas AMIN naik)," kata Syaugi usia debat perdana di KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Syaugi berpandangan, dalam debat perdana ini Anies berani menyatakan kondisi fakta yang terjadi terkait tema debat.

"Menyatakan apa yang benar, harus berani menyampaikan bahwa itu fakta yang disampaikan masyarakat, kalau semua tidak bagus, di sinilah perlu dilihat seorang pemimpin bagaimana bisa mengerti persoalan bangsanya dan solusinya," tandas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat