androidvodic.com

Debat Cawapres: Gibran Siap Beri Kejutan, Cak Imin Disebut Jagonya Debat, Mahfud Tak Ada Persiapan - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Debat kedua Pilpres 2024 akan mempertemukan setiap calon wakil presiden dari masing-masing pasangan calon untuk beradu gagasan.

Mereka adalah cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Baca juga: Agar Fokus dan Cegah Provokasi, KPU Diminta Batasi Tim Pendukung Debat Capres-cawapres 10 Orang

Debat kedua akan diselenggarakan di sebuah hotel di kawasan Jakarta pada Jumat (22/12/2023) mendatang. Tema yang diangkat adalah Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Menghadapi debat ini, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani mengatakan capres Prabowo Subianto percaya 100 persen Gibran akan mampu mengemukakan sepaket antara masalah dan solusi alternatifnya.

"Pak Prabowo percaya 100 persen dengan calon wakil presidennya. Pak Prabowo mengerti betul, merasa mas Gibran apa yang harus diucapkan, apa yang disampaikan, masalah apa yang dikemukakan, termasuk solusi apa yang menjadi alternatif bagi penyelesaian atas masalah itu," kata Muzani di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara pada Jumat (15/12/2023) seperti ditayangkan Kompas TV.

Baca juga: Pengamat Harap KPU Tambah Durasi Tanya Jawab Antarcalon Dalam Sesi Debat, Ini Alasannya

Sekjen Partai Gerindra ini pun menyebut bakal ada kejutan dari penampilan Gibran pada debat kedua nanti.

"Maka itu debat nanti akan menimbulkan kejutan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid memastikan, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar siap menghadapi debat perdana.

Bahkan, Jazilul mengatakan Cak Imin siap apabila jadwal debat cawapres dipercepat.

"Udah siaplah. Dimajukan juga siap kita," kata Jazilul di Sekretariat Koalisi Perubahan, Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023).

Jazilul menyebut, Cak Imin memiliki modal untuk menghadapi debat cawapres.

Sebab, pengalaman Cak Imin yang merupakan aktivis sudah terbiasa menghadapi forum debat.

"Pak Muhaimin dari kecil kan sudah aktivis. Sudah biasa debat mahasiswa, debat di PMII di aktivis, termasuk juga di partai," ujar pria yang akrab disapa Gus Jazil itu.

Sedangkan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengaku tak punya persiapan khusus hadapi debat cawapres 22 Desember mendatang.

Baca juga: KPU Buka Opsi Debat Berikutnya Capres-Cawapres Pakai Podium

Diketahui debat cawapres yang dihelat pekan depan itu akan membahas Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

"Saya tidak ada persiapan, karena debat itu kayak kemarin tidak bisa diduga," kata Mahfud MD ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2023) malam.

Mahfud menjelaskan bahwa dalam debat Pilpres pertanyaan yang disiapkan panelis dipilih melalui undian.

"Pertanyaannya diambil dari undian, kemudian kalau mau ditanya juga nggak tahu, mau ditanya apa," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat