androidvodic.com

Kasus Covid Meningkat, Menko Muhadjir Sarankan Masyarakat Pakai Masker tapi Tidak Wajib - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Prof. Muhadjir Effendy menanggapi soal meningkatnya kasus Covid-19 yang kembali terjadi belakangan ini Indonesia.

Muhadjir meminta masyarakat tidak perlu panik, termasuk dalam menyambut libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Dia hanya menyarankan kepada publik yang hendak bepergian atau pulang kampung untuk menerapkan protokol kesehatan semasa Covid seperti penggunaan masker, hanya saja, pemerintah kata dia tidak mewajibkan.

"Kita (pemerintah) sarankan mereka yang akan berpergian untuk melakukan protokol kesehatan, seperti covid terutama pakai masker, rajin cuci tangan kemudian memperhatikan nutrisi termasuk vitamin yang menaikkan imunitas tubuh itu sangat disarankan tetapi tidak diwajibkan jadi tetap kita lakukan," kata Muhadjir kepada awak media saat ditemui di Kemenko PMK RI, Senin (18/12/2023).

Muhadjir juga menegaskan, sebagai upaya untuk menjamin kesehatan masyarakat selama libur panjang Nataru, pemerintah sudah menyediakan 136 posko kesehatan.

Terutama kata dia, di beberapa jalur transportasi untuk perjalanan mudik yang diprediksi puncaknya akan terjadi pada 22 Desember mendatang.

"Karena itu langkah yang harus kita lakukan selama Nataru nanti Kementerian Kesehatan sudah menyediakan pos-pos kesehatan ada 136 titik dari kementerian kesehatan," beber dia.

"Di samping yang lain nanti kita minta dari BNPB, Basarnas, dari Kementerian Dalam Negeri, TNI-Polri juga akan bersama menyiapkan fasilitas yang serupa," sambung Muhadjir.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Prof Muhadjir Effendy merespons soal mulai meningkatnya kembali angka Covid-19 di Indonesia.

Kata Muhadjir, sebagaimana dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masyarakat tidak perlu khawatir dengan meningkatnya kasus covid tersebut.

"Kaitannya dengan Covid mulai naik lagi ini sesuai dengan arahan Presiden kita gak usah menciptakan suasana panik kepada masyarakat," kata Muhadjir kepada awak media saat ditemui di Kemenko PMK RI, Senin (18/12/2023).

Pernyataan itu disampaikan oleh Muhadjir sebab menurut dia, varian covid yang saat ini tidak memiliki tingkat bahaya yang tinggi dibanding dengan varian awal.

Atas hal itu, Muhadjir meyakini kalau kondisi mendatang tidak akan kembali pada masa pandemi.

"Covid sekarang ini variannya sudah sangat jauh dari varian utama dan biasanya kalau sudah semakin jauh dari varian utama itu tingkat kebahayaan juga relatif rendah dan Insya allah tidak akan kembali ke masa pandemi," beber dia.

"Kan sekarang ini sudah masa endemi itu artinya yang kemarin pandemi tidak akan hilang sama sekali tetapi juga tidak akan kembali menjadi pandemi," sambung Muhadjir.

Terlebih di masa libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 yang akan tiba, kata dia, masyarakat tetap bisa menikmati hari libur.

Hanya saja, kata Muhadjir penerapan protokol kesehatan diimbau untuk bisa dilakukan seperti menjaga kekebalan atau imunitas tubuh dan menjaga kebersihan diri.

"Karena itu pesan saya kepada warga agar supaya untuk menikmati libur panjang baik libur natal maupun libur tahun baru ini berjalan dengan enak, gembira dan bahagia, maka supaya berhati-hati terutama mematuhi protokol kesehatan sebagaimana biasanya kita ketika menghadapi COVID-19," tukas Muhadjir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat