androidvodic.com

Awas Blunder, Debat Cawapres Dinilai Bisa Pengaruhi Elektoral apabila Kandidat Lepas Kontrol - News

News - Pakar psikologi politik dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Moh. Abdul Hakim, menilai debat cawapres bisa mempengaruhi elektabilitas kandidat dalam Pilpres 2024.

Asalkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD tidak blunder saat debat, elektabilitas masing-masing dinilai aman-aman saja.

Namun, apabila ada blunder yang dilakukan, Cak Imin, Gibran, maupun Mahfud MD harus siap kehilangan calon pemilih.

"Jadi apakah debat pilpres ini punya pengaruh elektoral, secara umum mungkin tidak."

"Tetapi ketika pertarungan itu cukup ketat apalagi dengan tiga kandidat seperti sekarang debat, ini tetap memiliki potensi efek elektoral yang sangat tinggi," ungkap Hakim dalam talkshow Overview Tribunnews, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Jelang Debat Cawapres Soal Ekonomi, Sri Mulyani, Luhut Hingga OJK Soroti Hal Ini

Debat capres maupun debat cawapres, lanjut Hakim, bukan soal menarik dukungan pemilih baru.

Namun, lebih kepada jangan sampai orang-orang yang sudah memiliki sentimen positif tiba-tiba menemukan sesuatu yang tidak nyaman bagi mereka sehingga beralih ke kandidat lainnya.

"Nah inilah yang saya maksud challenge atau tantangan terbesar bagi para cawapres, adalah bagaimana caranya di atas panggung (debat) itu mereka tetap bisa mengontrol apa yang disampaikan termasuk bahasa-bahasa nonverbalnya sehingga tidak menciptakan blunder," ungkap Hakim.

Debat cawapres bakal digelar hari ini di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB.

Tema yang akan dibahas pada debat cawapres besok meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Persiapan Cawapres

  • Cak Imin
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Gedung Guru, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). - Begini persiapan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD jelang debat besok, Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC).
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Gedung Guru, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). - Begini persiapan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD jelang debat besok, Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC). (News/ Fahdi Fahlevi)

Cak Imin mengaku deg-degan karena menilai lawan debat cawapres perdana itu sama-sama berat.

“Deg-degan. Soalnya tiga-tiganya deg-degan itu,” ujar Cak Imin saat menghadiri forum “Slepet Imin” di Margonda, Depok, Jawa Barat, Selasa (19/12/2023).

“Beberapa hari ini wartawan ngejar pertanyaan itu. Saya susah menjawabnya, karena kalau dijawab salah. Ya sudah, saya bilang sama-sama beratnya,” ujar dia.

Tentang pertanyaan untuk kandidat lain dalam debat cawapres, Cak Imin mengaku belum menyiapkannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat