androidvodic.com

Gibran Dianggap Pakai Istilah Sulit di Debat Cawapres, Dikritik Anies, Hasto Sebut Ingin Tiru Jokowi - News

News - Tiga calon wakil presiden (cawapres) telah mengikuti debat perdana yang digelar KPU RI di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Ketiganya yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin selaku pendamping Anies Baswedan, Gibran Rakabuming Raka pendamping Prabowo Subianto, dan Mahfud MD pendamping Ganjar Pranowo.

Dalam debat cawapres itu, Gibran Rakabuming Raka dianggap kerap mengajukan pertanyaan yang sulit dipahami Cak Imin dan Mahfud MD.

Gibran diketahui sempat memberikan pertanyaan dengan istilah seperti State of the Global Islamic Economy (SGIE) dan carbon capture and storage kepada cawapres lain.

Pertanyaan Gibran Bisa Dijawab Google

Mengenai hal itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan pun memberikan kritik.

Anies Baswedan menilai pertanyaan yang diajukan Gibran bisa dijawab hanya dengan membuka mesin pencarian Google.

Baca juga: Debat Cawapres, Mahfud: Pertanyaan Gibran Soal Carbon Storage Tak Relevan Diajukan

Anies lantas menyebut pertanyaan Gibran diyakini sulit dipahami oleh masyarakat umum, karena sangat teknis dan berbahasa tinggi.

"Ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis pada level ini bisa dijawab dengan Google sebenarnya," kata Anies seusai acara debat di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, dilansir Wartakotalive.com.

Selain itu, Anies menilai pertanyaan yang diajukan Gibran itu sah.

Namun, lanjut Anies, publik bisa menilai kualitas pertanyaan dari calon pemimpin masa depan.

Sebab, menurutnya, kepemimpinan nasional dibutuhkan hal-hal yang substantif.

"Publik bisa menilai kualitas pertanyaannya adalah kualitas pertanyaan aspek teknikaliti, bukan aspek substansi," katanya.

"Tapi sebagai pertanyaan tentu sah-sah saja dan publik nanti akan menilai, apakah emang ini format cerdas cermat untuk hafalan atau ini format tentang ideologi gagasan, nilai yang kemudian diwujudkan dalam kebijakan," papar Anies Baswedan.

Baca juga: Gibran di Debat Cawapres: Disebut Menang Telak, Prabowo Bangga, tapi Terancam Kena Tegur KPU Lagi

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023).
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023). (Tangkap layar YouTube KPU)

Gibran Disebut Ingin Tiru Jokowi

Sementara itu, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto, menilai Gibran ingin meniru sang ayah, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat