androidvodic.com

Ganjar Pranowo Respons Tudingan Roy Suryo soal Gibran Pakai 3 Mic: Memang Ada Tiga, Semua Sama - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, SOLO - Capres Ganjar Pranowo merespons tudingan Pakar Telematika Roy Suryo soal Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menggunakan 3 mic sekaligus.

Ganjar mengatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memang menyediakan tiga buah mic. Semua kandidat dijatah sama.

Baca juga: KPU Sebut Roy Suryo Tukang Fitnah Imbas Kritik Gibran Pakai 3 Mic saat Debat: Tak Mungkin Didikte

"Ada tiga memang. semuanya punya jatah yang sama, ada yang nempel di telinga, ada yang kemudian clip on-nya nempel di sini (baju) dan ada mic," kata Ganjar, saat ditemui di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (24/12/2023).

Hal tersebut diakui Ganjar sesuai pengalamannya sendiri saat hendak menjalani Debat Capres, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Roy Suryo Soroti Penggunaan Mic saat Debat Cawapres hingga Aksi Provokasi Gibran

Ia mengatakan, penggunaan tiga buah mic sekaligus itu untuk mengantisipasi jika ada kendala teknis pada salah satu atau dua piranti pengeras suara yang disediakan. Sehingga, ada mic cadangan.

"Waktu saya tanya, dulu saya juga dapat itu (saat Debat Capres). Kenapa banyak sekali? kalau kalau alatnya tidak berfungsi ada pegangan (pengeras suara yang lain)," ungkap Ganjar.

"Sebenarnya kalau saya, saya tidak tahu teknologi yang lebih canggih soal itu. Rasa-rasanya sih mereka menggunakan itu saja," tutur capres nomor urut 3 itu.

Soal pernyataan Roy Suryo itu, Ganjar juga mengatakan, ia kaget ada pemikiran lain terkait penggunaan alat pengeras suara dalam Debat Cawapres, Jumat (22/12/2023) malam lalu.

"Saya juga kaget ketika, oh ada ya orang yang punya pemikiran yang lain. Mungkin mereka punya ilmunya sendiri," kata Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membantah pernyataan Pakar Telematika Roy Suryo yang menyebutkan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran rakabuming Raka menggunakan tiga mic sekaligus, yakni Clip-on, Hand-held dan Head-set dalam debat cawapres yang digelar pada Jumat (22/12/2023) lalu.

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari pun menyebut bahwa Roy Suryo memang tukang fitnah.

"Roy Suryo memang tukang fitnah," katanya dalam keterangannya, Sabtu (23/12/2023) malam.

Baca juga: Momen Jokowi Sigap Betulkan Mic Putri Ariani saat Nyanyi di Istana

Dalam hal ini, Hasyim menegaskan, ketiga cawapres yakni Gibran, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menggunakan alat yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat