androidvodic.com

Anies Kenalkan Perjanjian Beli Hasil Panen ke Petani Bawang Brebes, Bagaimana Konsepnya? - News

News, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan memperkenalkan konsep perjanjian beli hasil panen petani untuk menghadirkan keadilan kepada petani saat berkampanye ke petani bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kampanye Anies Baswedan hari ke-27.

Anies mengatakan akan menerapkan perjanjian pembelian hasil panenan petani atau contract farming jika menang di Pilpres 2024.

"Sebuah program yang kami luncurkan yang biasa kita sebut contract farming," kata Anies kepada wartawan.

Dia menjelaskan dalam konsep itu, para petani bawang merah di Brebes bisa mengikat kontrak harga beli hasil panen dengan pemerintah.

Petani akan mendapatkan manfaat, berupa jaminan pembelian produk mereka saat panen.

Konsep ini akan membuat harga komoditi petani tidak jatuh dan Anies sudah menjalankannya saat dia menjadi gubernur DKI Jakarta.

Konsep contract farming yang Anies jalankan saat memimpin Jakarta dilaksanakan melalui pelibatan badan usaha milik daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta yang membeli hasil-hasil pertanian dari berbagai kabupaten.

Baca juga: Bertemu Ulama dan Kiai di Pekalongan, Anies Tegaskan Ingin Hadirkan Keadilan & Kesetaraan

Berdasar penelusuran Tribunnews, yang sudah dilakukan misalnya, membeli panenan padi dari petani di Kecamatan Geneng, Ngawi, Jawa Timur.

Anies Baswedan meneken kerja sama dengan Bupati Ngawi Ony Onwar untuk pasokan beras Ibu Kota.

Pemprov DKI melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya menggandeng kelompok Daya Tani Sembada dan Kelompok Tani Sido Rukun, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur untuk memasok beras ke DKI Jakarta.

Penandatanganan itu disaksikan Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Balai Desa Geneng, Dusun Alas Pecah, Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Minggu, 25 April 2021.

Menurut Anies saat itu, kerja sama juga  untuk menyeimbangkan supply maupun demand untuk menghindari kelangkaan dan membuat harga pangan di DKI Jakarta menjadi terjangkau.

Sebelumnya Anies Baswedan juga melakukan panen raya di Kabupaten Cilacap yang merupakan bagian dari kerja sama dengan kelompok tani di Cilacap dengan luas lahan mencapai 1.000 hektare.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat