androidvodic.com

Saat Ganjar Pulang ke Kampung Halaman usai Kampanye di Jawa Tengah - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Calon Presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, menyempatkan pulang ke kampung halamannya, di Temanggung, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan Ganjar usai menjalani serangkaian kegiatan kampanye di wilayah Jawa Tengah.

"Hari ini libur Natal, saya mau mengucapkan selamat natal bagi yang merayakan. Natal kita libur, kita istirahat di sini," kata Ganjar, di kediamannya, Senin (25/12/2023).  

News diajak Ganjar berkunjung ke rumah masa kecilnya. Ia mengajak berkeliling dan mengintip setiap sisi kediamannya itu.

Sore itu hujan rintik dan berhembus udara dingin nan sejuk. Sedikit kabut yang turun membuat samar pemandangan pegunungan di depan rumah masa kecil Ganjar.

Rumah Ganjar didominasi dengan warna coklat dan putih. Beberapa bagian dinding menggunakan lantai bermotif bata merah, sedangkan bagian lainnya memakai material batu alam.

"Saya katanya lahir di sini, saya lahir di rumah ini sampai kira-kira kelas 5 SD (Sekolah Dasar) tapi dulu ini rumah kontrakan. Terus bapak ibu nabung untuk beli rumah, pindahnya kira-kira dari sini mungkin sekitar 200 meter," ucap capres dari PDI Perjuangan itu.

"Beli rumah di sana terus kita besar di sana berkebun di sana tumbuh besar di sana sampai kelas lima sd terus pindah sebentar ke karanganyar terus pindah ke kutoarjo itulah perjalanannya," sambung Ganjar.

Baca juga: Reaksi Anies Tahu Orang Nomor Satu NU Gus Yahya Bilang Cak Imin Tak Akan Menang Pilpres

Ganjar kemudian mengenang masa kecilnya saat tinggal di rumah tersebut, di mana banyak teman seusianya yang bermain berdama dengan dirinya. 

Adapun diungkapkan Ganjar, ia mengingat ada satu orang teman sebayanya yang selalu memberinya uang jajan saat masih sekolah dulu.

"Dulu sebangku dari waktu saya masih kecil. Bapaknya polisi, ibunya jualan di pasar, jadi tiap hari karena saya nggak pernah bawa uang saku dari ibu saya suka dikasih. Itu uang jajan, hampir tiap hari saya dikasih. Dan kelak kemudian dia jadi saudara saya hehe," ungkap Ganjar.

Tak hanya gemar berolahraga, Ganjar juga suka berkebun. Bagian halaman kediaman Ganjar terdapat berbagai jenis tanaman. 

Beberapa tanaman yang ada, di antaranya pohon apel, jeruk, pisang, dan pakcoy yang ditanam secara hidroponik. 

Baca juga: SBY Mulai Turun Gunung, Besok Bareng Prabowo Bertemu Ulama di Aceh

Ganjar menuturkan, soal bercocoktanam ini sudah dilakukan sejak dulu. Bahkan, ia mengatakan, hasil panen kebunnya kerap dijual sang ibu ke tetangga sekitar kampungnya.

"Karena di belakang rumah dulu ada kebun gitu, ditanam sesuai dengan musimnya. Nanam jagung, nanam singkong, dan kalau panen pasti tetangga 'eh panen', ini ambil-ambil. Panen jeruk, panen apel, apel juga banyak. Kalau pisang harian, jadi pisangnya banyak, 'bu pisangnya dibeli ya'. Saya sambil masak 'iya' nanti duit nya datang gitu. Buat jajan bu gitu," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat