androidvodic.com

Adu Strategi Capres Kampanye di Medsos, Anies Live Tiktok, Prabowo Gunakan AI, Bagaimana Ganjar? - News

News, JAKARTA - Para calon presiden (Capres) mulai menggencarkan kampanye di media sosial (Medsos).

Mulai dari aplikasi Tiktok hingga penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) dimanfaatkan para capres untuk menarik perhatian pemilih.

Baca juga: TKN Akui Ada Kemungkinan Prabowo dan Gibran Ikutan Kampanye Live di Medsos

KPU pun tidak melarang para capres melakukan kampanye di medsos selama mengikuti aturan yang ada.

Melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2023 tentang kampanye pemilu sebagaimana tertuang pada pasal 37 dan 38, KPU mengatur aturan kampanye di medsos.

Anies Kecanduan Live di Tiktok

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menjelaskan soal kebiasaan barunya yang kini kerap tampil secara langsung di aplikasi TikTok

Anies menggunakan TikTok untuk berkampanye di media sosial.

Dia sempat menceritakan awal mula ide itu muncul.

"Saya sebetulnya ketika memulai itu ya, mulai biasa aja, saya juga sendirian itu mulainya enggak ada yang nemani sama sekali. Malah saya sempat kebingungan ketika di ujung. Engfak ada yang dampingi, enggak ada persiapan khusus," kata Anies kepada wartawan, Senin (1/1/2024).

Anies mengaku akan terus melanjutkan kampanye di aplikasi tersebut. 

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, cara berkampanye di live TikTok lebih efektif untuk menampilkan gagasan dan pemikiran.

Dia mengatakan cara itu tidak bisa digunakan melalui baliho atau poster kampanye.

"Keputusan itu harus mengandalkan pada ideologi, keputusan itu harus mengandalkan pada gagasan, keputusan mengandalkan pada pengalaman, pada prinsip," kata dia.

"Itu semua terlihat kalau dialog, tapi kalau pasang baliho tidak terlihat itu. Kalau pasang poster tidak terlihat," tandasnya.

Dalam perjalanan daratnya di beberapa lokasi di Jawa Timur, Kamis malam 28 Desember 2023, Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyempatkan diri live TikTok dan menerima sejumlah pertanyaan dari netizen serta kaum muda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat