androidvodic.com

Respons Jokowi ketika Anies Beri Skor Jelek Kemenhan saat Debat Capres - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan mengomentari soal penilaian Capres Nomor urut 1 Anies Baswedan mengenai kinerja Kementerian Pertahanan yang berada pada skor di bawah lima.

Seraya tersenyum, Presiden mengatakan penilaian tersebut sebaiknya ditanyakan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca juga: Prabowo Tepis Serangan Anies di Debat: Semua Partai Pengusung Bapak Sepakati Program Kemhan di DPR

"Tanyakan ke Menteri Pertahanan," kata Jokowi usai meresmikan jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gerbang Tol Limo Utara, Depok, Jawa Barat, pada Senin (8/1/2024).

Sebelumnya penilaian berbeda diberikan oleh Calon presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan terkait kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di era Prabowo Subianto. Anies memberikan nilai di bawah 5.

Baca juga: Ini Kata Pakar dan Praktisi soal Penampilan Ganjar pada Debat Capres Tadi Malam

Berbeda dengan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo yang memberikan skor 5 atas kinerja pertahanan di Indonesia saat ini.

Menurut Anies, kesejahteraan TNI-Polri di Indonesia masih harus dipikirkan. Ia menyebut, seperti kenaikan gaji TNI-Polri.

"TNI, tentara kita, polisi kita semua bekerja luar biasa di lapangan, kita harus berikan hormat, terima kasih karena mereka mengerjakan hal sulit dan berat."

"Tapi dari sisi kebijakan lebih parah, kenapa? di era SBY kenaikan gaji terjadi 9 kali.

"Selama di era ini naik gaji tiga kali, dan akan naik nanti karena menjelang pemilu mungkin," ungkapnya.

Tetapi, lanjut Anies, di sisi lain kesejahteraan tidak dipikirkan secara serius.

"Tukin hanya 80 persen, lihat Kemenkeu, Kementerian PUPR. Menteri-menteri yang mengusahakan peningkatan tukin," ungkapnya. Lantas, Anies menyoroti soal peralatan alutsista.

Baca juga: Prabowo Tepis Serangan Anies di Debat: Semua Partai Pengusung Bapak Sepakati Program Kemhan di DPR

"Lalu kita lihat alutsista yang bekas, yang itu risikonya keselamatan. Mereka bekerja keras menjaga setiap jengkal tanah republik ini," ungkapnya. Anies pun memberikan skor di bawah 5 untuk Kemenhan.

"Jadi menurut saya skornya justru di bawah 5, kalau lima itu ketinggian Pak Ganjar," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat