androidvodic.com

Soroti Adu Data Dalam Debat Pilpres 2024, Analis Lab 45: Menarik Jika Prabowo Bisa Sajikan Data Lain - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Analis Utama Politik Keamanan LAB 45 Reine Prihandoko menyoroti perihal adu data dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti oleh ketiga calon presiden (capres) pada Minggu (7/1/2023) semalam.

Reine pun menyampaikan pandangannya terkait capres nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Saya kira Pak Ganjar sudah cukup menyentuh terkait kebutuhan perencanaan yang ajek dan konsisten, lalu Pak Prabowo juga sudah menyinggung terkait persetujuannya di DPR," kata Reine ketika dihubungi News pada Senin (8/1/2024).

"Kalau melihat data yang disajikan Pak Ganjar dan Pak Anies saya setuju. Menarik jika Pak Prabowo bisa menyajikan data yang berkata lain," sambung dia.

Menurut Reine, hal tersebut karena data Kementerian Pertahanan sulit diakses.

Bahkan, kata dia, data yang bersifat umum dan bukan rahasia negara.

"Sesederhana angka realisasi anggaran pertahanan dan proporsi penggunaannya untuk tiga matra dan Kemhan dalam konteks belanja modal pegawai dan sebagainya saja sulit untuk didapatkan," kata dia.

Terlebih, kata dia, data yang lebih detil mengenai teknis kuantitas dan kualitas alutsista yang dimiliki.

Ia pun mengaku heran karena data-data tersebut justru lebih lengkap diakses dari sumber eksternal luar negeri seperti yang dikutip oleh Ganjar dalam debat yakni IISS Military Balance +.

Transparansi data, kata dia, salah satu poin yang membuat kinerja Kemhan sulit untuk dinilai baik.

Hal tersebut, kata dia, karena data yang tersedia menunjukkan kinerja buruk seperti terkait kepemilikan alutsista yang diangkat Ganjar hingga kenaikan gaji yang dikatakan oleh Anies.

"Nyatanya kenaikan tunkin (tunjangan kinerja) memang hanya 80 persen padahal semestinya bisa hingga 100%. Belum lagi soal kenaikan gaji 2014 hanya 6% dan 5% di 2019. Saya jadi penasaran apakah benar akan dinaikkan lagi 7% di saat sebenarnya kenaikan bisa didorong hingga 10%," kata dia.

Selain itu, ia juga mengungkapkan sulitnya untuk mencari data capaian MEF.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat