androidvodic.com

5 Tanda-tanda Anies Bakal Koalisi dengan Ganjar Jika Pilpres 2 Putaran - News

News, JAKARTA - Hari pemungutan suara di Pilpres 2024 tinggal 33 hari lagi yakni 14 Februari 2024.

Sejumlah pihak memperkirakan Pilpres 2024 bisa dua putaran karena hasil survei menunjukkan belum ada kandidat yang memiliki elektabilitas di atas 50 persen.

Dari banyaknya survei tersebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran diperkirakan mendapat tiket ke putaran dua karena elektabilitasnya sudah di atas 40 persen.

Sementara paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin dan paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud kemungkinan bersaing untuk menuju putaran kedua Pilpres 2024.

Kendati demikian, tampaknya Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud akan berkoalisi di putaran kedua.

Anies-Muhaimin kemungkinan akan mendukung Ganjar-Mahfud jika lolos ke putaran kedua dan demikian pula sebaliknya.

Baca juga: Megawati Serukan Menang Pilpres Satu Putaran, Sudah Siapkan Tugas Pertama Jika Ganjar Jadi Presiden

Tanda-tanda koalisi paslon nomor urut 1 dan 3 itu sudah terlihat dalam beberapa pekan terakhir seperti dirangkum News, Kamis (11/1/2024).

1. Kompak di Debat Capres

Saat debat capres pada Minggu (7/1/2024) lalu, Anies dan Ganjar tampak kompak menyerang Prabowo dengan pertanyaan sangat kritis.

Sementara jika Anies bertanya kepada Ganjar dan sebaliknya pertanyaannya biasa-biasa saja.

Direktur Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana mengakui Anies dan Ganjar kompak menyerang kinerja Prabowo yang juga menteri pertahanan.

"Dua paslon yaitu 1 dan 3 sebenarnya terlihat fokus untuk mempertanyakan atau bahkan menyerang kinerja paslon 2 sebagai menhan," kata Aditya dalam siaran pers, Senin (8/1/2024) dikutip dari Kompas.com.

Menurut Aditya, strategi itu diterapkan Anies dan Ganjar demi menggoyang elektabilitas yang berada di atas angin dalam hasil sejumlah survei.

Dengan harapan, pilihan para pemilih Prabowo goyah, sehingga menambah elektabilitas mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat