androidvodic.com

Atikoh Kenalkan Program Santripreneur Ketika Sambangi Ponpes di Palembang - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, PALEMBANG - Istri calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud dekat dengan para santri dan kiai.

Karenanya, Atikoh menuturkan, program-program yang disosialisasikan sejalan dengan pesantren.

Salah satu program unggulan yang digagas Ganjar-Mahfud adalah membangun kemandirian santri, dan lingkungan pesantren lewat Santripreneur

Hal itu disampaikan Atikoh dalam rangkaian kampanye untuk pasangan Ganjar-Mahfud di Kota Palembang

"Harapannya nanti juga ada santriprenuership. Sepertinya sudah diterapkan oleh pak kiai dengan produk air minum," kata Atikoh ketika bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badarudin II di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (11/1/2024).

Atikoh yang juga dikenal sebagai cucu dari KH Hisyam A Karim, pendiri Pondok Pesantren PP Riyadus Sholikhin Kalijaran memang memberi perhatian khusus kepada warga pesantren.

Diketahui Pimpinan Ponpes Sultan Mahmud Badaruddin II l, KH Soni Suharsono bersama para santri punya produk air minum bernama Manakib Jawahirul Ma'ani. 

"Nanti bisa lebih ditingkatkan lagi misalnya potensi dari pesantren, SMK atau potensi yang lain bisa dilink-kan dengan dunia usaha agar anak-anaknya, santri-santri, punya bekal kewirausahaan," ujar Atikoh. 

Dalam program Santripreneur, santri akan dibina untuk bisa berwirausaha dengan bantuan pemerintah dan pihak swasta, sehingga nanti jebolan-jebolan pesantren punya keahlian berwirausaha.

"Apakah itu bentuknya pengolahan atau perdagangan, atau usaha yang lain, karajinan seperti itu agar nanti kita bisa melink-kan dengan BUMN, dengan perusahaan-perusahaan," ucap dia.

Baca juga: Bawa-bawa Jokowi, Timnas AMIN Bereaksi Anies Dituding Gunakan Cara Kotor dalam Debat Capres

Menurut Ibu dari Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini, santripreneur bisa jadi solusi jitu meningkatkan perekonomian rakyat.

"Harapannya juga nanti akan banyak sekali dilahirkan santri-santri yang punya jiwa kewirausahaan sehingga semakin mandiri," imbuhnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat