androidvodic.com

Prabowo Tegaskan akan Hilirisasi Bauksit Genjot Pertumbuhan Ekonomi 2 Digit: Ini Bukan Omon Kosong - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Calon Presiden RI (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menegaskan pentingnya melakukan hilirisasi bauksit atau biji besi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo kala dirinya hadir dalam dialog capres bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dengan tema Menuju Indonesia Emas 2045.

Prabowo berkeyakinan, jika Indonesia bisa melakukan hilirisasi sektor bauksit hingga menjadi barang siap pakai dan diekspor ke luar negeri, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa meningkat dua digit.

"Di pohon industri bauksit kita bisa lihat coba berapa turunannya berapa industri yang bisa hidup. Dengan hilirisasi, saya kok optimis ya pertumbuhan ekonomi kita jangan-jangan nanti bisa dua digit," kata Prabowo di hadapan para anggota Kadin, di Ballroom Djakarta Theater, Jumat (12/1/2024).

Kata dia, pernyataan itu sudah diperhitungkan dengan beberapa pakar dan ahli.

Kata Prabowo, dirinya hanya menyampaikan saja apa yang sudah diperhitungkan oleh para pakar jika nantinya terpilih dalam pilpres 2024.

Hanya saja, mantan Danjen Kopassus tersebut menyinggung kalau apa yang disampaikannya itu bukan sekadar omong kosong, dan akan dibuktikan.

"Saya sudah hitung saya dibantu tim pakar-pakar yang hebat. Yang hitung mereka, saya hanya hafal, saya hanya ngomong Tapi bukan omon-omon kosong," beber dia.

Bahkan, Ketua Umum Partai Gerindra itu menyatakan, sudah beberapa kali melakukan diskusi dengan tim pakar soal rencana melakukan hilirisasi sektor bauksit.

Perencanaan itu penting kata dia, agar Indonesia tidak hanya mengirim produk mentah, melainkan juga yang sudah bisa dipakai, agar harga jual semakin tinggi.

"Data aku bener karena saya tuh tiap 3 kali seminggu mungkin ya, saya panggil tim pakar. Saya brainstorming sama mereka. Sampai kepalanya botak semua itu," kelakar Prabowo.

Sebagai informasi, dalam agenda diskusi ekonomi ini, Kadin mengundang seluruh capres untuk hadir, mereka yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Adapun untuk Ganjar Pranowo sudah mengisi sesi pertama yang digelar pada Kamis (11/1/2024) kemarin pukul 13.30 WIB.

Sementara capres nomor urut 2, Prabowo Subianto mendapatkan penjadwalan ulang pada hari ini, karena di hari kemarin berhalangan hadir.

Lalu untuk capres nomor urut 1, Anies Baswedan sudah hadir pada Jumat malam di lokasi yang sama sekitar pukul 19.00 WIB sampai jam 21.00 WIB.

Baca juga: Prabowo Dorong Hilirisasi di 21 Sektor untuk Tingkatkan Industri Lokal Termasuk Farmasi

Dalam agenda ini, Prabowo Subianto terlihat didampingi oleh Ketua TKN Prabowo-Gibran sekaligus mantan Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat